Tradisi dalam Struktur Masyarakat Jawa Kerajaan dan Pedesaan (Alih Ubah Model Berpikir Jawa) P.M Laksono

Laksono, P.M., 2009. Tradisi dalam Struktur Masyarakat Jawa Kerajaan dan Pedesaan.Jogjakarta: Kepel Press



Buku ini merupakan tesis dari Pak Laksono, yang berasal dari kajian pustaka dengan menekankan pada tradisi dan struktur pada masyarakat khususnya daerah Bagelen. Konsep yang disajikan dalam buku ini adalah struktur sosial terutama pada masalah kompleksitas dalam organisasi sosial dalam tataran konseptual. Struktur dalam masyarakat Jawa dipadu dengan konsep kerajawian Jawa yang mengambil dari wayang, panji, cerita rakyat yang mengenai hubungan antara pemimpin dengan rakyat. Kerajawian Jawa digambar oleh Pak Laksono dalam bentuk diagram seperti kuadran dalam matematika dan pembagian tipologis ala Robert Kiyosaki (ESBI-employment, self employment, bussines dan Investor). Model berpikir orang Jawa terbagi dalam empat model yaitu teori/ esensi, imanen, praktek/eksistensi dan transenden. Terdapat unsur bagian tengah yang merupakan bentuk dari sebuah kesempurnaan yang bersifat paradoksal. Buku ini membahas beberapa hal pokok yaitu tradisi, struktur dan model, pengetahuan intim pengamat dari dalam, peranan sentral penguasa dengan Pangeran Diponegoro sebagai vital dan sumbangan kepada pemahaman Indonesia sebagai suatu FAS.
Buku ini menghubungkan cerita perwayangan dengan kerajawian Jawa yang nantinya berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat. Struktur yang telah terbentuk dan melekat secara kognitif mempengaruhi tingkah laku serta pandangan terhadap sebuah perbedaan. Orang Jawa menyadari suatu perbedaan namun tidak serta merta menerimanya sebagai sesuatu yang hakiki. Adapun yang tidak dibahas dalam buku ini adalah pada masyarakat Bagelen sebagai masyarakat yang secara cultural bisa saya katakan masyarakat yang transitif, karena terletak di daerah peralihan dari budaya Jawa dan Banyumasan.(Roikan)
Tradisi dalam Struktur Masyarakat Jawa Kerajaan dan Pedesaan (Alih Ubah Model Berpikir Jawa) P.M Laksono Tradisi dalam Struktur Masyarakat Jawa Kerajaan dan Pedesaan (Alih Ubah Model Berpikir Jawa) P.M Laksono Reviewed by roikan soekartun on 4:28 AM Rating: 5

No comments