Revitalisasi (Reanimasisasi) Jula Juli Kartolo cs

“Yu Painten ketiban cendelo, cekap semanten kidungan kulo”

Bait di atas adalah penggalan dari penutup pada tembang Jula-juli Suroboyoan, yang kerap dilantunkan oleh pemain lawak (dagelan) dalam pertunjukan ludruk. Dagelan dalam ludruk kerap menyajikan humor-humor segar yang tidak hanya pada gerak-gerik yang lucu, namun berbagai dialog yang cerdas. Pertunjukan ala Jawa Timuran ini pernah mengalami masa kejayaan di masanya. Pesohor  dagelan dalam ludruk di Jawa Timur yang terkenal adalah Kartolo, Sapari, Munawar, Basman, Kastini, Momon, Agus Kuprit, Bowo, Roy Markun, Mety, Isye, Subur, Karjo AC-DC, Cipeng, Sidik, Slamet, Blontang, Markeso, Marlena, Yayuk, Kawuk, Kancil Sutikno, Lasiana, Njoto, Amin Tohari, Maryam, Solikin, Surya Dewi dan Supali. 

Kartolo versi Animasi 

Bernama asli Tolo, mempunyai impian menjadi seorang pegawai negeri namun tidak kesampaian. Pernah menjadi guru bantu sekolah dasar pada tahun 1958. Pada masa itu beliau telah menjadi seorang pengrawit atau penabuh gamelan (wiyaga/panjak) dan para tahun 1959 memilih total untuk terjun dalam dunia kesenian. Kartolo CS dibentuk pada tahun 1980  dengan rekan awal pada masa pembetukan grup ini adalah Basman (Bapaknya Kastini), Sokran, Munawar, Sapari, Blontang dan Kastini (Isti Kartolo). 


Cak Kartolo dan Cak Sapari dalam Film Yowis Ben 
Eksistensi Kartolo terus berkembang di Jawa Timur, jika pada era 80-an pada kaset analog, memasuki tahun 2000 dalam bentuk rekaman VCD dan sekarang eksistensinya merambah pada dunia maya. Terdapat judul-judul lawakan Kartolo cs yang legendaris seperti: Branjang Kabel, Dukung Ulo Entong, Kucing Gering, Basman Pendekar Remek, Besut 81, Dadi Anake Wong Sugih, Dadung Kepuntir, Dukun Seret, Galian Kendor, Jas Ontang Anting, Jerangkong Krinan, Juragan Roti Sepet, Blontang Pemborong Bonafid, Dalang Gesang, Patih Kabur Kanginan, Balung Badak, Bandul Gurem, Gajah Abuh, Gerbong Areng, Kartolo Cipeng, Kartolo Dadi Ratu, Jaran Mayang Seto, Kartolo Makelar Losmen, Kartolo Nyetrip, Kartolo Pemburu Cipret, Kaul Ngedukno Lemah, Kebo Kumpul Kancane, Lutung Melbu Sarung, Kuro Kandas, Macan Ompong, Peking Wasiat, Ratune Iwak, Rebut Balung, Sepur India, Sinden Bledek, Sinden Sledek, Soto Gagak, Trenggiling Sisik Emas, Warung Kintel, Basman Nyeleweng, Bolah Ruwet, Sragi Kecemplung Kalen, Thenguk-thenguk Nemu Gethuk, Tumpeng Maut dan Prabu Baseman Crongoan. Ada dua judul terfavorit saya yaitu Dalang Gesang dan Tumpeng Maut. Bahkan kaset pita lakon Dalang Gesang sampai rusak karena terlalu banyak diputar. 

Cak Kartolo dan Cak Sapari versi animasi 


Ketika era kaset pita berganti menjadi era mp3 begitu senangnya saat mendapati file dagelan kartolo cs tanpa harus repot membawa kaset pita atau menunggu siaran radio pukul 23:00 wib ada juga saat itu yang menyiarkan dagelan kartolo pada pagi hari. 


Meneer Van Klompen (Londo Juragan Sandal Kayu)
Adalah meneer van klompen salah satu channel di youtube yang menghadirkan warna lain dagelan Jawa Timuran khas Kartolo cs.  Saya mengapresiasi tinggi apa yang telah dilakukan animator yang mempunyai kepedulian terhadap seni pertunjukan tradisional Jawa Timur. 

Kiri-Kanan: Munawar, Kartolo, Basman dan Blontang (versi animasi) 
Chanel ini dapat menjadi nostalgia bagi penggemar dagelan kartolo cs pada masa kejayaannya.  Dapat pula mengenalkan pada generasi milenial hiburan penuh humor ala surabaya. Jula-juli kartoloan selain menghibur, penuh dengan pesan moral tentang kehidupan sehari-hari. Animasi Cak Kartolo CS Jula Juli Guyonan Lucu tokoh ludruk asal surabaya merupakan revitalisasi dalam nilai-nilai kearifan lokal khas masyarakat Surabaya dalam format yang lebih menghibur. Salut saya ucapkan kepada Meneer Van Klompen atas jasanya memperkenalkan salah satu hiburan rakyat yang kini keberadaannya tergeser oleh hiburan lain lain yang dianggap lebih 'modern' dan kekinian.
"Cekap Semanten Postingan Kulo" 
Revitalisasi (Reanimasisasi) Jula Juli Kartolo cs Revitalisasi (Reanimasisasi) Jula Juli Kartolo cs Reviewed by roikan soekartun on 1:06 AM Rating: 5

1 comment

  1. wah terimakasih channel saya dibahas ... btw ada yang baru ya https://youtu.be/HlJA6tclaOM

    ReplyDelete