Jambi Dalam Poster: Merantaulah dalam Ragam Budaya Jambi

Lagi-lagi dunia parkartunan dan ilustrasi dimeriahkan oleh pagelaran lomba menggambar. Kali ini Lomba Poster Kartun "Ragam Budaya Jambi". Tahun 2020 juga pernah diadakan lomba sejenis tapi masih pada ngartun. 


Berbeda dengan tahun 2021 yang fokus pada pembuatan poster. Lantas apa bedanya? tentu poster lebih dikhususkan sebagai sarana penyebaran informasi yang fokus dengan pesan yang to the point. Urusan lucu belakangan yang penting pesannya, begitu kira-kira. 


Setelah melalui proses penjurian yang panjang dan lintas ruang waktu (penjurian jarak jauh) akhirnya diputuskan beberapa pemenang sebagai berikut: 

Juara 1 Ikhsan Dwiono (Jateng)
Juara 2 Agus Widodo (Jateng)
Juara 3 A Bambang Martasatriantoro (Jogja)
Juara Favorit: Martin Widiarsono (Jogja), Darsono (Demak), Partono (Semarang), Dodot Asmoro, Tsani FA (Jawa Timur) dan Yan Baptista TP (Bekasi) 




Ada juga kategori tingkat provinsi. Khusus untuk ilustrator yang berKTP Jambi. Ada beberapa pemenang dengan hasil karya seperti gambar di atas. 

Catatan Dewan Juri selama penjurian di Jambi 7-8 Desember 2021: 
1. Karya terpilih bermuatan kartunal dan poster yang diperjelas dengan penggunaan lettering sebagai informasi bagi masyarakat luas; 

2. Karya diharapkan mempromosikan kebudayaan lokal Jambi dengan unsur-unsur yang terkandung ada di dalamnya, sebagai ketahanan budaya dengan kearifan lokal dan jati diri karakteristik suatu bangsa (bukan menjadi agen untuk promosi budaya asing non lokalitas);

3. Eksploitasi karya dalam ragam budaya ini diupayakan menghindari: 
- Sisi politis
- Figur ketokohan 
- Promosi product (Brand ambassador) 
- Unsur SARA 

4. Karya-karya yang terpilih dalam finasl sudah tereliminir dari muatan karya yang terpublisir, plagiasi, similiar dari berbagai media dan jejaring sosial baik itu, cover buku, karakter komik, poster grafis dan sebagainya. 

Selamat untuk para pemenang. Tetap berkarya dan perbanyak stok gambar/karya agar lebih berdaya ketika berkarya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jambi Dalam Poster: Merantaulah dalam Ragam Budaya Jambi "

Post a Comment