Tirta Marabunta Kota Malang: Kolam Renang Utara Rampal

Bersih dan Biru 
                                                                       
"Tidak ada ruang untuk kita lemah dalam berlatih"

Salah satu rekreasi menyehatkan lahir batin pilihan keluarga adalah berenang. Ada tipe kegiatan renang keluarga dan renang olah raga. Renang keluarga hanya sekadar berendam di wahana kolam rekreasi. Kolam renang tipe apapun bisa dicoba yang penting anggota keluarga terutama anak-anak senang. Berbeda dengan renang olahraga. Membutuhkan kolam standar lomba dan penguasaan teknik dasar renang yang baik dan benar. 

Nampak Depan. Alas Kaki Wajib dilepas 
Saya termasuk penggemar kolam renang tipe olah raga. Punya standar tertentu jika ada yang mengajak berenang. Kolam ala atlet yang mempunyai lintasan khusus. Tempat loncat dengan nomer pada setiap lintasannya, walau masih trauma untuk mencoba loncat pasca tragedi gigi gumpil kolam renang UNY Wates Yogyakarta. 
Sektor Utara untuk Anak
Salah satu kolam yang baru saja di bangun pada tahun 2017  adalah Kolam Renang Rampal dengan nama lengkap Kolam Renang Tirta Marabunta - Yonif Mekanis 512/Quratara Yudha. Terletak di sebelah utara lapangan rampal dan berseberangan dengan Yonif Marabunta. Karena berada di daerah basis militer, terasa aura tiada hari tanpa berlatih terasa di sini. Baru diresmikan pada tahun 2018 kolam renang ini tergolong renang baru. Kebersihan terjamin sebab masuk ke dalam saja sebelum menuju loket tiket kita harus melepas alas kaki. Semacam Jumatan di Masjid Agung. Tapi itu semua demi kenyamanan pengunjung. 
Lintasan dan Loncatan 
Tiket masuk tergolong murah meriah. Hanya Rp 10.000 bisa berenang sepuasnya. Jam operasional mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB. Pada hari kerja kolam ini kadang digunakan untuk latihan militer. Renang militer merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh seorang prajurit. Berbeda dengan renang biasa yang hanya mengenakan pakaian dan berkacamata renang. Renang militer menggunakan pakaian doreng lengkap, helm baja dan senjata api. Tidak hanya itu ada pula renang militer yang bertujuan senyap. Menuju target sasaran tanpa diketahui. Renang gaya jenis ini sangat meminimalisir gerakan air permukaan. 

Tempat Bilas 
Untuk menjaga kebersihan dan ketertiban dalam kolam pihak pengurus memberlakukan beberapa aturan, antara lain: diwajibkan memakai baju renang, dilarang berlari dan bermain di sekitar kolam, dilarang berenang memakai celana jeans, dilarang meludah dan membuang ingus di dalam kolam (termasuk kencing dalam kolam), dilarang masuk bagi yang mempunyai penyakit menular/berjangkit, dilarang makan/minum di dalam kolam, anak wajib didampingi, dan dilarang merokok. Jika melanggar maka pengelolah yang mayoritas dari pihak militer tidak segan akan bertindak. Bisa jadi dapat hukuman fisik seperti push up jika teguran tidak diperhatikan.

Kolam renang ini dapat menjadi pilihan murah meriah untuk rekreasi keluarga. Hanya membayar 10 ribu bisa berenang sepuasnya. Jika tak membawa makanan, ada kantin di pojok barat. Anak-anak disediakn kolam khusus sebagai ajang bermain dan pengenalan terhadap air. Selesai renang kita bisa bilas di dua tempat bilas yang telah disediakan di sisi utara dan sisi selatan. Fasilitas lain, mushola dan toilet. Jika capek kita bisa duduk-duduk di tribun penonton yang di sebelah barat. Berenang adalah aktivitas yang membuat sehat dan senang. Let Go Swim Sam. 

Tirta Marabunta Kota Malang: Kolam Renang Utara Rampal Tirta Marabunta Kota Malang: Kolam Renang Utara Rampal Reviewed by Roikan on 8:01 PM Rating: 5

No comments