Battle of Pirate: One Piece ala Game Bot

Hai Nakama (sapaan khas OP Lovers), kali ini saya akan mereview sebuah game tanding model survival dengan dengan tema One Piece. Bagi yang belum tahu atau kurang tahu tentang komik garapan Eiichiro Oda ini saya kasih bocoran sinopsis. Alkisah, seorang bajak laut bernama Gold Roger, juga dikenal sebagai Raja Bajak Laut telah menaklukkan itu semua. Dia dieksekusi dengan alasan yang tidak diketahui, tetapi sebelum dia meninggal, dia mengungkapkan kata terakhir tentang Harta Karun legendaris yang bernama One Piece yang tersembunyi di Grand Line. 22 tahun setelah kematiannya, seorang bajak laut bernama Monkey D. Luffy muncul dan hanya memiliki satu tujuan, untuk menjadi "Raja Bajak Laut" berikutnya dan menemukan Harta "One Piece". Dan petualangan tanpa akhir pun dimulai. Komik ini dirilis awal pada 22 Juli 1997 (saat itu saya masih duduk di bangku SMP, Master Oda sudah duduk di meja gambar) 
Ruffy Dikeroyok Usopp 

Game imut buatan Unity ini memiliki sistem permainan offlline dengan kapasitas yang kecil dapat diunduh gratis di Google Play Store. Model permainan menjadi pendekar bajak laut pilih tanding dengan memanfaatkan kekuatan khas yang dimiliki setiap karakter. Ada tiga inti kekuatan yang dapat dipakai dalam mengalahkan lawan yang tidak ada habis-habisnya. Ada karakter yang memanfaatkan senjata, haki dan kemampuan hasil buah setan. 

Menu Utama 

Jika sedang posisi online ada gambar kado pada pojok kiri atas yang bisa diakses dan menyediakan tambahan koin gratis. Kalau rutin bermain setiap hari ada bonus koin harian (free coin) yang dapat digunakan untuk membeli karakter. Cara lain menambah pundi-pundi koin adalah pada menu awal ada opsi tonton iklan. Ini direkomendasikan sebagai cara cepat mengumpulkan koin hanya berbekal paket data dan menonton iklan sampai habis.
Pilih Karakter 
Bermain game ini mempunyai nilai tersendiri bagi penggemar One Piece. Kemampuan tokoh dibuat sama seperti dalam komik. Terdapat 21 tokoh yang bisa dibeli dengan harga mulai dari ribuan sampai puluhan ribu. Kurohige dan Shirohige merupakan dua tokoh termahal karena harus mengumpulkan koin sampai 20.000. 


Ada Shicibukai dan Yonko
Karakter yang memanfaakan senjata dapat menjadi salah satu pilihan untuk kemampuan bertahan yang lebih baik daripada yang mengandalkan buah setan. Nami, Zoro dan Shank menjadi tokoh pembuka untuk pengumpul koin dengan daya tempur dan survival yang terbilang handal. 

Tokoh HighClass: Shirohige seharga 20 ribu
Luffy dan Moria adalah tokoh yang dapat bertranformasi menjadi raksasa dalam kurun waktu beberapa detik. Meskipun sudah jadi gedhe tetap waspada menghadapai lawan yang mengandalkan senjata jarak jauh seperti usopp dan wapol. Bagi penghayat chapter Marinneford dipastikan akan penasaran memainkan kakak Luffy: Portgas D. Ace dan Shirohige. Perlu perjuangan keras mengumpulkan koin untuk bisa membeli figur Edward Newgate atau lebih dikenal sebagai Bajak Laut Whitebeard. 

Transformasi Puncak Mugiwara 
Ada tokoh unik yang dapat menjadi T-Rex, ada tokoh berbaju tradisional ala Kabuki Jepang yang mempunyai kemampuan mengeluarkan manusa jerami raksasa. Para Yonko maupun Shicibukai yang selama ini menjadi kawan atau lawan bajak laut topi jerami dapat dimainkan di sini. 

K.O dikeroyok Wapol 
Sayangnya tokoh utama penghuni kapal Thousand Sunny tidak semuanya tersedia dalam game ini. Jangan harap bisa memainkan Mas Koki: Sanju, Mbak Kutu Buku, Nico Robin. Anak PMR Chopper maupun si tengkorak hidup Brook. Justru Usopp dan Franky menjadi lawan yang siap berangkat keroyokan. 
Secara grafis game ini bisa dikatakan lumayan untuk tingkat HP android kelas bawah. Jangan bayangkan mendapatkan pengalaman seperti game beresolusi tinggi. Game ini kita serasa main PS 1 tapi bagi penggemar One Pice cukup memberikan kesan tersendiri apalagi ketika tombol haki dan  superpower dapat diaktifkan. Secara gameplay pengaturan gerak dan aksi dalam game ini sudah baik, tidak ada karakter yang sampai telat atau macet bergerak saat kita pencet tombol kanan atau kiri, demikian juga saat pencet tombol kekuatan. Untuk masalah kelincahan tokoh dalam bergerak, saya rekomendasikan memainkan Marco the Phoenix yang mempunyai kemampuan tendangan ala Bruce Lee atau Law dalam game Tekken. 

Mesin Pencari Uang: Captain Kid 
Untuk mengumpulkan koin secara cepat dalam jumlah banyak saya biasa menggunakan tokoh: Luffy, Nami dan Eustass Captain Kid. Khusus Captain Kid setiap pukulannya hampir menghasilkan koin terlebih lagi saat menggunakan kemampuan buah iblis yang dapat membuat anggota tubuhnya menjadi sebuah magnet, yaitu menarik benda-benda logam dan menjadikannya sebagai sebuah senjata. Karakter penggumpul besi tua ini terbukti memiliki daya tempur yang tangguh. 
Salam Nakama

Battle of Pirate: One Piece ala Game Bot Battle of Pirate: One Piece ala Game Bot Reviewed by roikan soekartun on 12:43 AM Rating: 5

No comments