upgrade RAM Laptop Tua, Tambah RAM dulu SSD kemudian bersama TE-COMP 99

Upgrade RAM atau ganti SSD ?

Pertanyaan yang saat ini kerap dilayangkan pengguna komputer ataupun laptop. Apalagi laptop usia jadul atau dikenal sebagai laptop kentang. Ada sebagian orang yang tidak segan untuk mengganti peralatan kerjanya dengan produk baru yang lebih kekinian. Teknologi lebih mutakhir tentunya. Hari ini laptop lebih ramping, ringan dan baterai lebih tahan lama. 


Tampak Depan

Saya termasuk tipe mempertahankan barang tertentu jika masih dipakai untuk seterusnya. Jika rusak tak jarang harus mendatangi tukang reparasi. Alasannya sederhana. Ada memory tertentu pada barang itu. Scanner Canon Lite 25 saya dapatkan dari riset waria tahun 2006. Honornya sebagian buat makan sisanya untuk beli scanner. Laptop Compaq Presario cq43 saya dapatkan setelah ikut riset batik bersama kawan-kawan kampus biru Bulak Sumur. Semua barang punya cerita. 

Tampak Belakang

Laptop Compaq pegangan ilmiah dan produktivitas saya. Pernah dua kali terjatuh di parkiran FIB UGM. Aman...sudah beberapa kali ganti baterai karena memang umur pemakaian. Laptop ini diprioritaskan untuk pekerjaan kantoran yang bersifat ketik-ketik dan posting tulisan. Kalau untuk grafis? karen masih mempunyai RAM berkapasitas 2 GB tentunya untuk program berat cukup menyiksa mesin. Pernah dapat orderan gambar ilustrasi untuk sebuah perusahaan. Membuat poster display perusahaan dengan banyak gambar dan saya proses dengan photoshop. Ketika menunggu proses penyimpanan lemotnya bisa buat kopi secangkir. Belum lagi panas mesin yang menderu. 

Double Soket RAM 


Kenapa saya mempertahankan laptop tergolong kentang ini. Ada dua alasan. Keyboard yang super nyaman. Bahkan tangan seperti punya mata bisa ngetik sendiri tanpa melihat. Paling nyaman dan anti eror. Ngetik tulisan model apapun dan waktu selama apapun tetap santuy dengan keyboard laptop Compaq. Sungguh kawan kerja yang kompak. Alasan kedua, laptop ini mempunyai kesaktian khusus saat kepanasan. Saat proses dan suhu meninggi laptop akan panas berlebih. Kipas di bawah membuat harus sering diganjal. Ketika mendekati overheat, laptop ini secara otomatis akan mati sendiri. Ketika dingin kita nyalakan dan kembali kepada program awal. Sakti bukan? 

Berubah dari 2 ke 6 gb


Trend penggunaan SSD sempat menjadi godaan saya pada awal bulan. Ingin mengoprek dan meningkatan kinerja laptop kentang dengan mengganti SSD. Setelah melalui banyak pertimbangan dan belajar banyak dari ragam informasi akhirnya memutuskan untuk tambah RAM dulu baru SSD kemudian. Alasannya RAM untuk kepentingan multitasking yang menjadi pemakaian rutin sedangkan SSD untuk kecepatan performa. Ya sudah ganti RAM saja dulu. Dari 2 menjadi 6. Kebetulan ada slot kosong yang bisa diisi RAM 4 gb. 

Multitasking


Adalah TE-COMP 99 menjadi mitra untuk penambahan RAM pada laptop kentang Compaq cq43. Sebelumnya pernah menggunakan jasa servis yang bermarkas di sekitar Menur ini, mendapat info dari olx.com ketika mencari kata kunci servis keyboard laptop. Laptop HP 14 si hitam jago grafis yang perlu pergantian keyboard. Ada bonus servis tambahan membenahi engsel kanan laptop dengan lem super. Beberapa waktu memegang laptop ini untuk menggambar ringan dan nonton serial. Apesnya awal bulan Desember 2020 laptop malang ini hilang. Malinge canggih nyolong sak charger e. Padahal sebelumnya aman jaya. Usut punya usut sebetulnya tersangkanya sudah saya ketahui tapi tidak apa anggap saja sedekah. Jariyah file film India dan serial Netflix. 

300 susuk mang ewu

Kembali ke pembahasan penambahan RAM laptop kentang. Setelah malam sebelumnya saya berkorespondensi menanyakan stok dan jenis yang cocok. Akhirnya diputuskan untuk COD sekaligus pergantian keesokan harinya di warung kopi dekat kos. TE-COMP 99 menyediakan jasa servis panggilan siap siaga. Kalau tidak ingin repot harus datang ke toko. Pergantian berlangsung cepat. Pelayanan ramah pastinya. 
"Kalau tambah SSD dan caddy bisa Mas?" tanya saya ketika pembukaan rumah RAM di laptop kentang. 
"Bisa." jawab Sang teknisi yang sesekali sibuk menerima telepon untuk mendatangi 'pasien' lain. 

Tergoda untuk menambah SSD dan mengganti cdroom dengan caddy sebagai tempat hardisk. Tapi apalah daya, pandemi menurunkan pendapatan dan perceperan. Nanti saya kalau ada rejeki saya ganti. Yang penting meningkatkan RAM dulu, baru SSD. 
Terbukti setelah beberapa saat upgrade memory kinerja laptop menjadi lebih wuzz dan prima. Bahkan iseng-iseng coba edit video pakai Filmora juga lancar. Asal pada suhu kamar yang tidak panas dan kipas bawah bekerja maksimal. 

Soal urusan perlaptopan bisa dipercayakan pada TE-COMP 99. Area kerja tidak hanya Surabaya, tapi ada di Mojokerto dan Gresik. Jual laptop second juga dan aneka sparepart laptop (baterai dan charger). Termasuk printer dengan segala modifikasinya juga. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "upgrade RAM Laptop Tua, Tambah RAM dulu SSD kemudian bersama TE-COMP 99 "

  1. Your blog contains bunches of important information. It is a genuine and gainful article for us. Appreciative to you for sharing an article like this.Macbook 11 A1370 Parts

    ReplyDelete