Ada Pemasukan dari Hobimu

Siapa bilang hobi hanya untuk mengisi waktu sepi. Hobi jika dikembangkan dapat menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan. Bukankah melakukan sesuatu atas dasar kesenangan itu menjadi kepuasan yang luar biasa. Yang hobi jalan-jalan bisa memilih bekerja pada perusahaan yang sering melakukan perjalanan dinas. Yang hobi makan bisa menjadi youtuber khusus untuk food vlogger dan yang suka nulis bisa menjadi narablog atau dulu lebih dikenal sebagai blogger. Semua kembali ke potensi diri masing-masing. 

Februari 2021

Saya suka menggambar sejak kecil. Baru sadar bahwa menggambar bisa menambah uang jajan saat menjadi pengurus bagian ilustrator di majalah sekolah semasa sma. Pasca penerbitan kita mendapatkan gaji, lumayan bisa untuk tambahan uang saku. Berlanjut ketika kuliah ada seorang dosen yang minta anaknya diajari gambar. Berikutnya ada kawan-kawan arisan Bu Dosen yang juga ingin minta anaknya privat lukis. Jadilah di masa kuliah itu menangani tiga siswa. Hasilnya bisa buat bayar kos dan kebutuhan hidup lainnya. 

Ada Pemasukan dari Hobimu (Catatan Guru les Privat Lukis) 
Masa pandemi Covid-19 turut memukul banyak bidang kehidupan. Beruntung ada satu kawan mengabarkan jika ada orang tua yang sedang mencari guru gambar untuk anaknya yang akan masuk sekolah desain. Kawan merekomendasikan nama saya dalam hal itu. Akhirnya kami sepakat memberikan paket privat intensif dan datang setiap hari. Kampus B unair ke Kenjeran kawasan Pantai Mentari toh tidak terlalu jauh. Sore sampai malam apapun kondisi cuacanya. Endingnya si anak dapat diterima di jurusan desain di kampus yang diinginkan. Sungguh sebuah kepuasan bagi seorang pengajar melihat anak didik kita bisa sukses menuju kampus untuk mencari jati diri dan menggapai segala impiannya. 


Melintas jalanan ketika hujan bukan jadi penghalang. Itu sudah biasa sejak menjadi guru lukis di hari sabtu pada tahun 2005-2006 yang harus gowes dari Mojo ke Petemon. Perjalanan bisa memakan waktu satu jam. Semua dinikmati sembari bimbingan skripsi. Hobi menggambar juga membawa pemasukan lain karena sesekali ada order ngarikatur yang dihubungkan sendiri atau melalui orang lain. Uang bukan segalanya tapi kalau dari hobimu bisa menghasilkan uang tambahan tentu itulah sebuah berkah. Jadi apa hobimu? Dan bisakah menghasilkan pundi rupiah dari hobi itu? Renungkan dan cobalah bergerak. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Pemasukan dari Hobimu "

Post a Comment