Popmama Parenting Academy, Solusi Parenting Milenial Era Pandemi

Pernah kesulitan saat harus memandikan bayi pertama kali? Apakah anda termasuk kaum bapak yang masih kaku ketika harus menggendong bahkan mengganti bobok bayi? Apakah ikut panik menghadapi buah hati yang sedang tantrum?  

Pengalaman perdana menjadi orang tua yang masih kebingungan apalagi bagi para bapak muda. Dan kita tidak sendirian. Saatnya kita perlu mencari pencerahan yang baik dan benar. Salah langkah berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan buah hati anda. 



Era digital banyak media pembelajaran. Cukup menggerakan jempol pada ponsel pintar atau kursor pada laptop kita bisa mendapat beragam informasi dari dunia tanpa batas, internet. Selama ada sinyal dan paket data tentunya. Jadi jangan salah sangka pada orang tua era milenial yang kerjaannya nunduk di depan ponsel pintar hanya berinternet yang tidak jelas. Mereka sedang mencari referensi dengan cepat dan tepat. Termasuk dalam dunia parenting bisa kita dapatkan dari popmama

Apa yang bisa didapat dari popmana? Kita bisa mendapat banyak ilmu. Komunitas parenting yang penting termasuk Popmama Community yang secara rutin mengadakan acara Popmama Online Class.  Saya melihat Popmama Parenting Academy IG sudah diikuti oleh 11 ribu followers. Tentu bukan akun biasa dengan isi yang sembarangan. Fokus pada parenting dan yang saya suka adalah tips parenting seperti tips mengulik bakat anak, tips bertahan dengan sehat dan cerita di tengah situasi serba tak pasti, tips belanja cermat dan hemat, hingga pentingnya komunikasi dalam sebuah keluarga. Komunikasi yang baik mempunyai dampak yang luar biasa dalam tumbuh kembang buah hati. Kata ahli parenting barat bernama Joe Rich (2007) menyatakan Communication is powerful. Dengan komunikasi yang tepat dapat mempererat kedekatan dan solusi masalah yang baik dalam sebuah keluarga. 

Konten lain yang saya suka adalah Edukasi Anak Soal Kekerasan Sejak Dini yang diposting pada 26 Oktober 2021. Mengingat telah terjadi peristiwa kurang baik pada buah hati sendiri. Tole pernah takut sekolah karena kawan-kawannya bercanda yang berlebihan yang berujung pada kekerasan.  Dari situ saya ajarkan untuk berani bertindak jika itu memang benar tapi tetap menghindari tindak kekerasan. Merujuk pada Popmama alasan tidak boleh melakukan kekerasan karena berdampak pada stress yang panjang, depresi, ketidakberdayaan, mati rasa terhadap paparan kekerasan di masa depan, menjadi tidak peduli terhadap orang lain dan melakukan tindakan kekerasan (reproduksi kekerasan). Kini tole sudah mau berangkat ke sekolah dan mengganti kata-kata "Wani ah karo aku" (Berani nggak sama aku) menjadi "Mau nggak main sama aku". 

Simak Tanggal Mainnya 

Popmama.com  menjadi media serba bisa. Tidak hanya untuk media pembelajaran bagi orang tua baru tetapi menjadi media komunikasi yang interaktif dan sejalan dengan perkembangan zaman. Tidak hanya itu dengan jaringan yang luas. Popmama.com bermitra dengan banyak sektor usaha dengan sajian acara mencerahkan yang banyak dibutuhkan orang. Lintas bidang dan latarbelakang, semua punya tujuan yang sama ingin menjadi bagian dari tumbuh kembang buah hati melalui parenting sebagai bagian yang penting. 

Soal berbagi ilmu tidak pelit. Ada acara live di IG dalam tayangan Popmama Talk dengan tema yang tentunya sangat dibutuhkan dalam oleh para orang tua. Terlebih orang tua berusia muda perkotaan. Kenapa perkotaan? Kita tahu bahwa lingkungan yang terbatas dan jauh dari orang tua/mertua membuat akses informasi terbatas. Lain kalau tinggal di desa atau tinggal bersama mertua, urusan pendampingan akan selalu ada apalagi pada cucu pertama. Orang tua generasi milenial juga harus sadar bahwa perkembangan dunia mengubah paradigma parenting pula. Ada nilai lama/tradisional yang harus tetap dilestarikan, namun ada nilai yang perlu diluruskan. Kita harus peka pada hal itu. Parenting butuh penanganan yang logis. Soal tantrum, sawan sampai apa yang harus dilakukan jika si kecil sakit. Popmama hadir berbagi untuk kebaikan tumbuh kembang buah hati 

Saya salut dengan kreatifitas dan kemutakhiran Popmama. Terbaik pada visualisasi info yang menarik, singkat padat dan tepat. Ada pula konten multimedia berbasis Tiktok. Itu bukti bahwa hari ini kita harus adaptif dan peka dengan perkembangan zaman. Kekurangannya cuma satu untuk pembahasan sisi parenting dari sisi ayah masih belum banyak. Kaum bapack-bapack juga butuh referensi lebih untuk bisa berbagi dan mempraktekan ilmu parenting yang tepat. Saran saya juga perbanyak kuis dengan hadiah giveaway agar animo masyarakat digital semakin besar untuk belajar bagaimana memantau dan berperan dalam tumbuh kembang anak melalui popmama.com dengan ‘kursus’ di Popmama Parenting Academy. 

Parents Support Parents
Memasuki akhir tahun tapi pandemi masih berlanjut walaupun kasus positif cenderung melandai. Tapi kita semua terkena dampaknya. Bagaimana pendemi mengubah banyak hal di kehidupan kita termasuk keluarga. Mereka yang terdampak adalah anak-anak menjadi "silent victim", korban yang tak bisa bersuara. Dari sisi tumbuh kembang anak, keterbatasan ruang bermain, kesehatan karena menghadapi era pandemi yang mematikan secara global, dan pendidikan mereka terhambat karena keberadaan sekolah daring membuat beberapa anak sulit adaptasi. Demikian juga dari sisi keluarga, ekonomi dan kualitas hidup aman dan nyaman pun terdampak. Termasuk ada peningkatan angka perceraian karena faktor ekonomi, KDRI dan catatan kekerasan pada anak. Generasi hari ini dikenal tidak hanya generasi milenial tapi generasi Covid-19. Dari hal ini pandemi melahirkan solidaritas dan berbagi lintas ruang dan waktu. Popmama turut mendukung gerakan orang tua mendukung orang tua. 

POPAC 2021 berlangsung selama satu bulan lebih dengan durasi lima minggu. Selain dapat ilmu kita juga dapat bonus buku bagus yang layak untuk dibaca para orang tua. Popmama.com berinisiatif membuat buku Parenting Guidance of Pandemic Generation yang isinya adalah pemetaan perubahan yang terjadi pada anak-anak semasa pandemi, pendapat dari pakar untuk memakai perubahan itu menjadi sebuah kekuatan dan cara dari pakar untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Terobosan cerdas di situasi yang serba sulit. 

Salah satu acara POPAC 2021

Akhir tahun akan segera tiba, tapi perjuangan untuk menjadi orang tua yang baik masih berlanjut. Semua tidak bisa jalan sendiri. Perlu sinergi antar banyak pihak. Popmama menjadi media bagaimana kita menjadi orang tua yang bijak karena Popmama Parenting Academy adalah solusi parenting milenial di era pandemi. Kita semua bisa. 

Referensi
Catatan Pribadi 
https://popac.popmama.com
Rich, Joe (2007). Parenting The Long Journey. John Wiley & Sons Canada. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Popmama Parenting Academy, Solusi Parenting Milenial Era Pandemi "

Post a Comment