Anak dan Ruang Publik

Anak anda kecanduan gawai? kuat berjam-jam memandang layar LCD ponsel pintar? Sejak internet merambah dalam interaksi keluarga. Penggunaan gawai dalam bentuk telepon pintar dan komputer semakin marak. Anak kecil mempunyai hasrat bermain yang tinggi. Itulah bagian dari proses tumbuh kembang. Relakah kita melihat anak kita menghabiskan waktu bermain gawai tanpa batas? Di satu sisi kegunaan gawai dapat menjadi media pembelajar yang baik. Tapi jika keterusan tentu waktu berharga bersama keluarga dan kawan sebaya akan terbuang sia-sia. 

Penjelajah Trotoar Kota (Dokumentasi 6.3.2022)


Tak ada salahnya mengajak anak bermain keluar. Jadikan sebagai bagian dari quality time untuk para orang tua yang tidak bisa bertemu anak tiap hari.  Ada taman kota dan tempat wisata. Yang murah meriah bisa meluangkan waktu di taman kota. Taman kota adalah ruang publik yang dapat diakses oleh banyak orang. Green City juga menjadi bagian dari gerakan menuju Smart City dimana setiap pemerintah kota/kabupaten didorong untuk mengimplementasikan program yang inovatif, mewujudkan integrasi data, meningkatkan akses informasi bagi masyarakat, membangun citra kota/kabupaten, meningkatkan upaya pelestarian lingkungan hidup, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. Eleman dimensi pembangunan Smart City terdiri atas Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment. Smart City atau kota cerdas adalah pengembangan dan pemanfaatan teknologi internet dan pelayanan sistem daring, anggaran pemerintah daerah untuk birokrasi dapat dihemat sekaligus meningkatkan transparansi dan kecepatan dalam pelayanan publik. 

Bagi yang tinggal di Surabaya ada beragam pilihan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Kota seribu taman menjadi julukan lain bagi Kota Surabaya perihal persebaran taman di Kota Surabaya. Taman Kota terbagi menjadi taman aktif dan taman non aktif. Terdapat 27 Taman di Kota Surabaya, diantaranya: Taman Harmoni Keputih, Taman Wonorejo, Taman Kunang-kunang, Taman Flora Bratang, Taman Surya, Taman Barunawati, Taman Prestasi, Taman Kalongan, Taman Wira Agung, Taman Krembangan Timur, Taman Karimun Jawa, Taman Jayengrono, Taman Ronggolawe, Taman Sulawesi, Taman Paliatif, Taman Lansia, Taman Teratai, Taman Kombes Pol. M. Duryat, Taman Undaan Kulon, Taman Pakal, Taman Ekspresi, Taman Persahabatan 2, Taman Keputran, Taman Mundu, Taman Pelangi, Taman Apsari, dan Taman Bungkul. Tinggal pilih mengajak anak-anak kita bermain ke mana. Yang penting selalu dalam pengawasan dan selalu menghindari jajanan yang kurang sehat. Salam Parenting. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anak dan Ruang Publik "

Post a Comment