Spot Mancing Embong Kembar Gadang Malang

Spot Embong Kembar 

Bagi warga Malang Kota khususnya yang sering lewat pasar Gadang ke timur.  Pasti melihat sebuah fenomena seru, pemancing tanpa kenal waktu. Jam berapapun dan cuaca seperti apapun pasti ditemukan satu atau dua pemancing. Spot liar potensial ini mulai digandrungi pemancing Malang dan sekitarnya (termasuk Surabaya seperti saya). Telaga Uwok biasanya pemancing Kota Malang dan sekitarnya menyebut kubangan luas yang terletak di timur jembatan Pasar Gadang. Spot ini sangat strategis walau untuk sensasi tul tul slupnya tidak seperti spot wader Kemiri Kepanjen. 
Bus Handoyo keluar garasi 
Selepas lebaran tahun 2017 ketika pindah tempat tinggal dari polehan ke arjowinangun, setiap pulang dari Surabaya atau saat ada kesempatan pulang Malang selalu memperhatikan spot ini. Kala itu tidak seberapa ramai hanya satu atau dua orang pemancing. Para pemancing lebih memanfaatkan saluran air dan irigasi yang terletak di depan RSUD Kota Malang. Pertama kenal dan bertemu dengan master wader, Hassan Sobo Kali di area ini. Kita saling mengabadikan keseruan memancing melalui kamera tersembunyi masing-masing. 
Spot embong kembar gadang terdiri dari beberapa titik potensial. Ada telaga uwok yang legendaris, ada beberapa kubangan di timur telaga uwok, saluran air depan bangunan terbengkalai yang bisa dimanfaatkan untuk praktik super mikro fishing dan saluran air depan rumah sakit yang kaya akan wader dan yuyu. Kenapa Yuyu, bagi pemancing yang kurang bisa membaca situasi di spot ini penyerang umpan terbanyak adalah ketam/yuyu/kepiting kali yang telah menanti umpan cacing atau mendhol kita. 


Omset cepret 
Telaga uwok mulai ramai dikunjungi pemancing belakangan ini, tidak terlepas dari peran media sosial. Pemancing kekinian pada usia berapapun mengabarkan situasi terbaru entah omset atau bahkan boncos melalui media sosial. Belum lagi keberadaan komunitas pemancing yang menjadi wadah terpercaya para pemancing untuk berkumpul dan belajar bersama. Beberapa komunitas pemancing turut berperan dalam menjaga eksistensi spot mancing liar dari kegiatan mancing bareng hingga tebar benih. 

Spot embong kembar pada musim tertentu saat keberadaan air stabil. Tidak kurang dan tidak juga lebih mengandung berbagai ikan dari wader, cepret untuk yang ukuran mini, ikan gabus ukuran sedang sampai lele super. 


Lele Super Asli Telogo Uwok 
Berikut tips asyik memancing di spot embong kembar:
1. Pastikan bawa perbekalan yang cukup. Umpan dan spare part cadangan mutlak diperlukan. Kurang etis jika kita menjadi pemancing yang merepotkan pemancing sebelah karena masalah minta umpan, minta swivel bahkan minta kail. 
2. Parkir kendaraan dengan aman. Bisa dipinggir jalan atau dibawa masuk ke tanah lapang di belakang warung. Karena jalur embong kembar cenderung lengang dan strategis menuju arah kemana saja sekali lengah motor kita bisa dicuranmor menuju kota atau luar kota malang. 
3. Stamina fit dan kuat panas. Untuk urusan ini beberapa pemancing sudah lulus dan lolos seleksi, cuaca apapun bagi pemancing liaran bukan halangan. Karena hujan dan panas telah dianggap sebagai sahabat. 
4. Bawa perbekalan secukupnya, jika tidak ya bawa uang lebih. Urusan pengganjal perut ada penjual makanan dan minuman di sekitar spot. Pengganjal mata ngantuk ada warung kopi dekat spot lengkap dengan camilan seperti onde-onde super enak. 

Selamat memancing, tetap hormati alam dan pemancing lain. 

Bersama Penyelamat Segala Ikan yang tenggelam: Hassan Sobo Kali 
Spot Mancing Embong Kembar Gadang Malang Spot Mancing Embong Kembar Gadang Malang  Reviewed by roikan soekartun on 9:46 AM Rating: 5

No comments