Kolam Renang Clereng Kulon Progo: Asri dan Mistis

Kulon Progo sebagai daerah terbarat Provinsi DIY tidak habis untuk dibicarakan. Apalagi yang pernah tinggal di sana seperti saya. Ada banyak hal yang sayang untuk dilupakan. Angkringan Proliman, Bakmi Nongko Doyong, Nasi Gandul Pasar, Radio Pasar dan kehidupan para pemancingnya. Itu yang terkadang membuat saya ingin kembali ke sana. 

Papan Loncat Clereng Pool

Sendang adalah sebuah kawasan hidrologis lokal yang kerap disamakan dengan mata air. Tidak semua sendang adalah sumber air. Ada sendang yang menjadi tampungan karena secara kontur berada pada cekungan. Tidak hanya bisa buat mandi tapi ada sendang yang bisa dimanfaatkan untuk wisata. Wisata lokal berbasis kolam renang. 

Mural Bahari 
 
Pemandian Clereng terletak tidak jauh dari Kota Wates. Menuju arah utara. Orang Kulon Progo pasti paham dan tahu kolam sendang Clereng. Kolam renang ini terkesan klasik bahkan jika melihat kawasan sekitar sangat asri dan ada aroma mistis. Dikelilingi oleh pohon besar yang rimbun. Memberikan kesan privat bagi siapapun yang berenang atau sekadar berendam di sini. 

Enak Buat Kungkum
  
Tiket masuk kolam renang ini cukup merakyat. Tidak sampai 10 ribu, kita bisa berenang sepuasnya. Airnya segar langsung dari sendang yang melalui proses perkolasi didukung kesegaran transpirasi dari tanaman di perbukitan sebelah. Tidak ada aroma kaporit saat pertama saya menjeburkan diri ke dalam kolam. 


Obyek Wisata Lokal 
  
Kesan pertama saat datang ke pemandian Clereng seperti berangkat ziarah bukan berangkat renang. Mengingat gapura gerbang masuk menuju Pemandiang terkesan seperti sebuah makam. Begitu masuk ternyata ada kolam tanpa garis lintas di dasarnya tapi mempunyai papan loncat. Papan ini cocok untuk anak kecil atau kepada siapa saja yang tidak terlalu jangkung. 

Pintu Masuk yang Semula Saya Kira Makam

Bagi kawan-kawan yang sedang berkunjung ke Jogja tidak ada salahnya mencoba main ke Kulon Progo. Ada Pantai Glagah, Puncak Suroloyo sampai pemandian Clereng yang bisa kita coba kunjungi sebagai referensi wisata baru biar foto dokumentasi kita tidak hanya di kawasan itu-itu saja. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kolam Renang Clereng Kulon Progo: Asri dan Mistis"

Post a Comment