Wisata ala Barnyard: Milkindo Kepanjen Malang

Bagi anda penggemar film animasi tentu tidak asing dengan film berjudul Barnyard. Film animasi komedi yang tayang pada tahun 2006 menceritakan tentang kehidupan di peternakan sapi. Otis seekor sapi yang suka dugem, menjahili tukang pos sampai naik motor besar. Menghadirkan suasana peternakan yang harmonis dan gokil. Susu yang kita minum dalam bentuk susu kemasan atau STMJ tidak lepas dari peran peternakan. Demikian juga yogurt, di Malang ada tempat wisata keluarga dengan latar peternakan. 
Gerbang Depan 

Milkindo demikian orang Malang menyebutnya. Wisata berbalut rekreasi pendidikan ini terletak di Ngempit, Tegalsari, Kepanjeng, Malang. Perjalanan dari  Malang kota di tempuh kurang lebih 30 menit dengan kecepatan standar. Jika anda tahu letak stadion sepak bola Kanjuruan, Milkindo masih lima menit ke arah selatan. Lokasinya tidak jauh dari spot mancing Kemiri Kepanjen, tempat biasa saya memancing wader super gurih hulu Sungai Brantas. 

Wisata Pendidikan 
Harga tiket masuk relatif murah meriah hanya seharga Rp 15.000 dan sudah mendapat satu gelas susu. Wisata ini dikembangkan CV. Milkindo Berka Abadi yang usahanya sendiri sudah ada sejak tahun 1984.  Produk yang dihasilkan susu segar, yoghurt, variasi olahan susu dan pupuk kering dari kotoran sapi perah. 

Tempat Penukaran Susu 

Setelah membayar tiket masuk di loket kita bisa menuju tempat penukaran kupon untuk mendapat segelas susu segar. Bukan dari sapi tapi dari milk bar, lemari pendingin dengan berbagai pilihan rasa. 


Susu Rasa Strawberi 
Secara rasa dalam segelas susu bermerk Fanda ini lebih terasa laktosanya dibanding susu kemasan umum yang biasa kita beli di minimarket atau abang-abang susu keliling yang diklam sebagai susu murni international. 

Tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga. Ada udara segar yang kalau musim hujan sesekali turun hujan rintik lalu terang dan hujan lagi. Tempat parkir cukup luas di seberang gerbang. Ada beragam wahana yang ditawarkan di tempat wisata yang luas areanya 11:12  kebun bibit Bratang Surabaya ini. 

Meet and great with Otis
Siapapun pertama kali masuk ke sini pasti mengarah kepada kandang sapi di seberang Taman Kelinci. Bisa bercengkrama dengan sapi perah, anak sapi dan kuda. Ada pula paket memberi makan anak sapi (pedet) dan paket naik kuda. Tentu saja pengunjung harus membeli tiket tambahan diluar tiket masuk. 

Angkutan Kaleng Sapi 
Jika capek berjalan, ada angkutan unik: naik keleng sapi, tapi angkutan ini direkomendasikan hanya untuk anak kecil. Jika berat badan anda di atas 80 kg dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. 

Wahana Naik Kuda 
Naik kuda tidak perlu jauh-jauh ke Bromo. Ada wahana naik kuda dengan diantar pemandu menyusuri bagian tengah Milkindo sampai ujung barat dan berputar di sekitaran kandang angsa. Berkuda santai tanpa takut terjatuh karena semua serba aman, kecuali jika anda jahil dengan kudanya misalnya berdiri di samping atau membuat tindakan jahil di belakang kuda. Ada tendangan tanpa bayangan yang siap setiap saat ketika kuda itu merasa terusik. 

Kandang Angsa sekaligus mengintip aktivitas pemancing spot Kemiri 
Ketika saya tahun lalu mancing di spot Kemiri pernah dikejutkan oleh suara angsa. Ternyata suara itu berasal dari wahana kandang angsa yang terletak di bagian barat. Ada tempat bernaung luas jika sewaktu-waktu turun hujan. Kursi taman terhampar di berbagai titik termasuk ayunan. Tempat wisata berbentuk taman edukasi ini bisa menjadi pilihan liburan yang murah meriah. Untuk beberapa wahana di dalam harga tiket masih terjangkau kantong, meskipun kita berwisata pas tanggal tua. Sebelah selatan jalan wahana kereta api, memanah, trampoline, memancing lele dan memberi makan domba. 

Harga tiket mainan 
Pada bagian selatan tidak jauh dari pemancingan ikan lele ada tempat untuk pengenalan hidroponik dan taman tani. Pada saat kunjungan ke sana kedua tempat tersebut kosong tidak ada aktivitas.Taman kelinci juga dalam proses perbaikan. Secara umum, Milkindo dapat menjadi salah satu pilihan berlibur tanpa perlu mengeluarkan isi dompet lebih dalam, jalanan landai dan lancar jika ditempuh dari arah Malang Kota. Operasional wisata ini mulai pagi sampai sore (Pukul 17:00 WIB). Jika ingin oleh-oleh yang mengandung unsur ternak sapi perah, sebelah belakang loket masuk ada stand penjualan aneka hasil ternak dari susu sapi segar sampai berbagai olahannya. Yang jelas tidak jual sapinya.  
Bonus Pict: 

Pemancingan Ikan Lele 


Taman Kelinci 


Taman Tani 


Pujasara 


Batas Pengunjung dengan Peternakan 

Wisata ala Barnyard: Milkindo Kepanjen Malang Wisata ala Barnyard: Milkindo Kepanjen Malang Reviewed by Roikan on 9:21 PM Rating: 5

No comments