American Dream Border, Kartun Solidaritas Pencari Suaka

Akhir Juni 2019 dunia dikejutkan oleh foto tenggelamnya seorang anak dengan bapaknya di tepi Sungai Rio Grande. Keluarga yang tewas secara  berpelukan. Adalah Oscar Alberto Martinez Ramirez dan putrinya yang berusia 23 bulan: Valeria. Sontak kabar tersebut menyayat nurani banyak orang. 
Erdu's Artwork
Amerika menyeleksi secara ketat siapapun yang akan masuk ke negaranya sejak adanya kebijakan penerimaan suaka. Jika dulu ada kartu hijau sekarang ada Amerian Dream. Semua yang ingin mencari penghidupan baru dan dirasa lebih baik berbondong-bondong menuju perbatasan paling strategis yaitu Meksiko. Tidak mudah untuk masuk dan harus super sabar menanti proses lebih lanjut. Itulah akhirnya muncul permasalahan di perbatasan. Para pencari suaka yang menumpuk dan ada yang nekad untuk melintas yang sangat beresiko.

Rodriuez's Artwork 
Kartun editorial atau politik sering kita jumpai dalam berbagai media cetak seperti koran, tabloid dan majalah, yang mengangkat topik terkait dengan  kondisi perpolitikan yang menyoroti perilaku atau kebijakan pemerintah. Fungsi lain dari kartun editorial adalah untuk menggoyang opini publik atau mendramatisasi sebuah berita. Sebenarnya ada satu gambar lagi tentang tema pencari suaka ini, namun atas dasar etika saya tidak menampilkannya. Gambar yang menerangkan kecuekan dari Amerika terhadap nasib para pencari suaka di perbatasan. 

Hicabi's Arwork
Kartun merupakan praktik media yang multiliterasi. Ada beragam wacana baik secara eksplisif maupun implisif yang terkandung di dalamnya. Dari sebuah gambar yang sarat makna inilah segala reaksi bisa terjadi. Termasuk kartun solidaritas pencari suaka ini. Pengorbanan seorang ayah pada keluarga demi mencari penghidupan yang lebih baik memakan korban yang lain. Melalui gambar ini kita bisa merenung bagaimana kondisi sisi dunia lain sehingga ada warganya yang rela keluar, bereksodus mencari tanah penghidupan yang lebih tenang. Bagaimana pula kebijakan amerika yang serta merta menyebabkan gelombang perpindahan besar-besar khususnya pada daerah yang terkena konflik. Itulah kekuatan sebuah kartun, yang bisa membuat orang bebas menerawang alam makna dalam satu koridor sebuah fenomena global. 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "American Dream Border, Kartun Solidaritas Pencari Suaka"

Post a Comment