5 Strategi Jitu Mahasiswa Baru Bertahan Hidup dan Gizi Cukup

Perfilman di tanah air kedatangan film baru berjudul Macan Kampus. Sebelumnya banyak film yang mengangkat dunia perkampusan dari drama, cerita sukses sampai komedi dalam kelas. Ingat adegan legendaris dari Warkop DKI antara tanya jawab di kelas pada jurusan yang berbeda. Kehidupan menjadi mahasiswa tentu berbeda ketika masih masih berseragam putih abu-abu. Apalagi bagi mahasiswa yang tidak tinggal lagi bersama dengan orang tua.

“Mahasiswa rantau makan tak teratur. Senin makan selasa puasa rabu ngutang kamis dibayar jumat lapar lagi sabtu ngutang lagi...”
When My FISIP (Karya Instalasiku 2004)
Cuplikan lirik lagu dari grup band kocak dari Kota Kembang, Pemuda Harapan Bangsa (PHB) yang saya kenal dari kaset pita oleh kerabat konyol yang bernama Mas Kutil pada tahun 2004. Sebagai mahasiwa rantau walau jarak Lamongan ke Surabaya relatif dekat tapi sudah merasakan sensasi terpisah dari orang rumah, ditiriskan oleh perkuliahan dengan berbagai seluk beluknya. Kos dan biaya operasional..ben ketok gaya padahal asline gak kos, numpang di kantor sekretariat jurusan. Enake adoh omah iso merokok sak kapoke, tidak ada lagi acara clingukan karo rokok terus nakal sitik. Yang penting berprinsip menjadi pemuda mabuk berprestasi. Bagi adik-adik maba iki ojo ditiru, kecuali kulino ket balita.

Saat kiriman uang dari orang rumah terlambat, makan telat, nyemayani pak kos sampai pulang ke kos menunggu induk semang lengah. Itu sebagian riak kecil menjadi mahasiswa rantau berkantong cekak. Tapi jangan kuatir sebagai eks kombatan mahasiswa progresif dalam urusan perbadhokan sampai (alm) Prof. L. Dyson menjuluki saya sebagai penjahat seminar. Selalu beredar terdepan di prasmanan sate fakultas. Kuberi kalian rahasia sukses kuliah tanpa takut kaliren. Tips jitu iso ditiru.

Kos di perkampungan dan dekat dengan penduduk
Keuntungan menjadi wong sumeh adalah banyak kawan. Sebagai mahasiwa harapan bangsa perlu menjadi pemuda yang open minded dan tidak pilih-pilih kawan. Termasuk orang sekitar kos. Kenal plek karo pak kos ada keuntungan sebagaimana pengalaman pribadi pas kelaparan diajak tahlilan. Oleh mangan pulang bawa berkat plus ngesaki rokok sing nang gelas. Diajak tahlilan ae senangnya minta ampun opo maneh diajak kundangan, reuni, ngopi, makan malam. Lama-lama namaku masuk di Kartu Keluarga Pak Kos. 

'Penjahat' Seminar Pernah Kurus  (Beralmamater di tahun 2006)
Aktif berkegiatan dan catat jadwal seminar
Kalau kuliah cuma menjadi mahasiswa kupu-kupu, kuliah pulang pp dijamin setelah lulus kurang cerita. Mahasiswa rantau perlu menyelam sambil minum air. Perbanyak aktivitas termasuk menghadiri berbagai acara kampus. Sudah dapat piagam perutpun kenyang. Pokok sing penting percaya diri dan jangan salah kostum. Nek isin karo konco kuliah ya bisa lintas fakultas. Jo lali pastikan datang 40 menit sebelum coffe break dan makan siang. Tebar pesona juga di meja penerima tamu tanda tangan iso oleh buku karo pulpen gratis. Julukan Penjahat Seminar adalah label yang disematkan oleh Prof L. Dyson (almarhum) setelah kerap memergoki saya sering terlihat dalam acara seminar di FISIP. Menjadi pejuang pencari makanan favorit, pejuang garis depan sampai butir nasi penghabisan. 

"Saya kok sering melihat anda saat makan-makan di seminar"
 (Prof.L Dyson: 2004)
Cari teman di kampus wong suroboyo nyel
Tidak semua kampus di Surabaya diisi oleh mahasiswa rantau. Ada mahasiswa yang berasal asli dari Surabaya. Arek sing gak bingung biaya kos karo makan harian. Sedikit cerita jaman kos di karmen ada kakak kelas yang kos padahal omahe asli surabaya. Katanya ingin merasakan menjadi anak kos. Perbanyak kawan mahasiswa asli Surabaya. Syukur-syukur rumahnya dekat kampus. Lewat omahe, sopo ngerti diamperke dapat makan gratis. Penting juga hapalkan tanggal ulang tahun teman-teman sampai dosen yang loyal.
Konco Kentel (Antropologi Unair angkatan 2003)

Kerja Parttime
Walau tugas dasar mahasiswa adalah belajar, ketika keadaan sudah tidak mengijinkan kerja sampingan adalah jawaban. Paling enak kerja sambilan jadi asisten Ibu Kantin kampus, masio kora-kora tapi gizi terjamin. Bisa juga jadi penjaja Kimcil maksudnya Kopi Item Cangkir Kecil alias jadi barista warkop. Pokok kuat ngudek kuat melek iso njupuk jajan mangan rokok sak karepe. Hari ini mahasiswa merangkap menjadi pengemudi ojek atau taksi online iku biasa. Sopo ngerti iso nggonceng mahasiswi sing ciamik, menyeberangkan nenek-nenek ke pasar dan turut aktif menjadi pemantau mobil curian yang dihebohkan netizen.

Belajar instal menginstal
Sedikit pengetahuan tentang dunia perkomputeran adalah peluang usaha penambah uang sangu. Minimal dalam instal menginstal berbekal segepok CD installer, driver dan software. Cukup tekan setup next setup next. Lebih keren kalau bisa nyervis kerusakan kecil, jasa memberantas virus dalam lepi. Kelak dipanggil juga untuk jasa ngusir demit nang kos plus ngusir mantan sing sering nyanggong. Jasa mengembalikan file harddisk yang hilang kelak juga dipanggil untuk mengambalikan kenangan yang tidak mungkin terulang. Mboh kah. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Strategi Jitu Mahasiswa Baru Bertahan Hidup dan Gizi Cukup "

Post a Comment