7 Keuntungan Punya Teman Suka Mancing

Manusia tidak mungkin bisa hidup sendiri tanpa kehadiran orang lain. Kuat tah sampean nangn kamar dhewean tanpa kawan dan hp?. Namanya juga makhluk sosial. Kalau selalu apes namanya soksial, omahe jelas arek sialankerto.

Roikan ala Mbak Pia (Karikaturis SCC)


 Kita bisa berteman dengan semua jenis manusia dari segala latarbelakang ipoleksosbudhankam termasuk hobi yang ditekuni. Tulisan ini khusus membahas keuntungan mempunyai teman pemancing.
Selaku manusia tukang memandikan cacing, pemancing mempunyai karakter khas dan perilaku unik yang berbeda dengan manusia kebanyakan. Gak enaknya kadang kita ditinggal memancing sampai lupa waktu lupa makan. Tapi ada 7 sisi enaknya dari punya teman seorang pemancing:

1. Sabar
  Karakter khas dari seorang pemancing adalah mempunyai tingkat kesabaran sampai sundul langit nomer pitu. Rela duduk di pinggir sungai berjam-jam kalau perlu berhari-hari. Bagi pemancing sendiri ada grade kesabaran tergantung klasifikasi memancingnya. Untuk kelas pemancing kolam/tambak yang berbayar jelas berbeda tingkat kesabarannya dengan pemancing kali liar ala saya yang suka mode gratisan. Udan panas angin panas udan maneh khusuk dengan prinsip sing penting yakin. 

Sing penting yakin (Roikan ala Sukriadi Soekartun)
2. Pintar tali temali
   Orang kebanyakan paling ngertinya sebatas cara menali sepatu, tali wangsul, tali mati...eh tali kutang. Bagi pemancing kelas pro dunia tali temali adalah bagian dari kemampuan dasar untuk menjadi pemancing yang kafa. Bisa cara temali senar ke mata kail dengan beragam teknik dari yang paling sederhana palomar knot sampai yang terumit: egg loop. Menjalin kembali senar yang putus saja bisa apalagi menyambung tali silaturahmi yang putus. Kisok en. Gak pingin balikan karo mantan tah pean?

3. Ketahanan protein terjamin
  “Gelem iwak gak?” itu kalimat tanya sekaligus awal pemberian nan ikhlas dari kawan yang suka memancing. Mereke lebih suka mencari sensasi tultulslup dan melihat ujung joran mentiung daripada memakan ikannya. Jadi jika mempunyai teman yang suka mancing saat musim tangkapan bagus, suplai ikan gratisan akan terus mengalir. Pokok gak ngelamak, sudah diberi ikan minta jasa dibeteti sekalian.

4. Ahli ilmu perairan dan perikanan
  Pemancing merupakan pengamat alam yang bagus. Ia bisa membaca tanda alam termasuk tanda air. Tanda apakah di air itu ada kehidupan ikan dan makhluk lainnya apa tidak. Ahli hidrologi merangkap limnologi, potamologi dan oceonologi dadakan. Jika melihat sungai atau apapun yang berair akan selalu mengerutkan dahi sambil melakukan analisis secara sistematis, terstruktur dan masif. Iso-iso koboan pas makan tempe penyet yo dianalisis.

Pemancing Kulon Progo Bersatu dalam Karnaval 
5. Kreatif
Siapa bilang pemancing itu pemalas, kurang peka dan tidak kreatif. Selama tinggal di Yogyakarta saya merasakan sendiri kegokilan dari pemancing di tlatah Mataram. Pernah ikut karnaval agustusan ala pemancing Kabupaten Kulonprogo yang diikuti oleh komunitas pemancing setempat sambil mengkampanyekan kesadaran makan ikan dan anjuran melestarikan habitat sungai. Saat hari pahlawan para pemancing melakukan upacara bendera di laut selatan. Ketika ada pemancing mantu, dilakukan upacara seperti pedang pora tapi bedanya menggunakan joran pancing setelah itu kedua mempelai menyebar benih ikan ke sungai terdekat. Nanti malam giliran penyebaran benih secara pribadi.

6. Penadah roti kadaluarsa dan tempe bosok
Punya roti tawar kadaluarsa di rumah? Bekas jajan lebaran di rumah tersisa tak berguna? Ada tempe telat digoreng? Tidak usah bingung mau dibuang kemana. Hubungi kawan pemancing saja. Beberapa pemancing melakukan eksperimen dan inovasi dalam urusan pembuatan umpan. Seperti nenek sihir yang mencampur bahan apapun ditemani kucing hitamnya, pemancing juga berburu dan meramu umpan terjitu menggunakan hal-hal yang baru. Termasuk hal-hal yang bau. Saya sendiri pernah menggunakan umpan usus ayam yang masih ada isi eeknya untuk memancing ikan rengkik. Hasilnya jackpot di pinggir kali karena tidak kuasa menahan bau usus yang sudah dua hari.

7. Jaringan luas
Tidak hanya sinyal pemancar operator seluler saja yang mempunyai jaringan luas. Memancing dilakukan oleh berbagai kalangan dan latar belakang. Mulai bakul soto, pak polisi, pak tentara, pegawai kantoran, koki, teknisi AC, aparat hukum, pengusaha, montir, sing nduwe warkop, tambal ban sampai Presiden Soeharto juga senang mancing. Ketika aktif di komunitas otomatis jalinan pertemanan tidak hanya dari hobi, tapi merambah jaringan pertemanan, kerjasama usaha sampai besanan. Ringekno iku mbloh. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Keuntungan Punya Teman Suka Mancing "

Post a Comment