Klepon yang Crot di dalam

Makanan apa yang crot di dalam? 
Jawabannya Klepon

Sebagai salah satu bagian kuliner jajanan nusantara yang menyemarakan display penjual kue basah, klepon naik pamor belakangan. Sebuah postingan menghebohkan  jagad dunia maya di Indonesia yang menyatakan bahwa klepon tidak islami. Sejak kapan makanan punya agama? kalau makanan atau minuman tertentu jika dihubungkan dengan persoalan religi tentu bukan sekadar label. Tapi perlakuan atas bahan makanan itu contoh babi bagi muslim, sapi bagi umat Hindu dan anggur-roti tanpa ragi yang merepresentasikan darah - tubuh Yesus. Kalau klepon dinyatakan sebagai makanan yang tidak islami tentu sangat tidak mendasar. Terlepas fenomena ini hoax, ulah buzzer politik untuk pengalihan isu atau pun strategi marketing tingkat dewa tentu dunia perkleponan menjadi terusik. 

Tukang Klepon
Klepon adalah jenis varian kue basah yang berwarna hijau dan mempunyai taburan parutan kelapa di permukaannya. Ada gula merah di dalamnya, Rasanya kenyal-kenyal manis. Ada gurih dari parutan kelapanya. Makanan ini termasuk jenis makanan ringan yang bisa untuk pencuci mulut atau kawan menikmati minum kopi di senja yang jingga. 

Bahan Dasar

Cara membuat klepon ini cukup mudah. Tak perlu tenaga lebih untuk banting-banting adonan. Cukup buat bulatan kecil. Seperti main kelereng goldem. Kelereng induk semasa kecil. Lalu pada bagian tengahnya diberikan gula merah. Tapi tidak terlalu banyak. Cukup mak cnil. Sedikit saja. 

Buletin

Setelah gula masuk dalam bulatan klepon. Proses pengerasan dengan merebus bulatan klepon yang masih 'bugil'. Proses perebusan agar semakin keras dan meresap tepung plus gulanya. Dipanaskan biar padat sampai bergulir-gulir meronta dalam air panas seperti oden waktu dieksekusi gengnya kaido dalam manga One Piece. 

Panaskan Biar Padat 

Jika telah matang angkat dan tiriskan. Dinginkan dan taburi dengan parutan kelapa. Klepon siap disajikan dan nikmati selagi hangat. Kue ini dijual dengan nama Klepon Wahyu sepanjang Jalan Gempol Pasuruan. Sepanjang jalan namanya Wahyu semua. Yang asli wahyu sebelah mana saya sendiri yang sering melintasi jalan ini tidak tahu. Yang jelas ini adalah kue yang enak, urusan makan yang penting kenyang dan nikmat tanpa perlu melihat kelepon agamamu apa. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Klepon yang Crot di dalam "

Post a Comment