The Connected Parent: Parenting Orang Tua Milenial

"Lha mau gimana lagi..sudah jamannya Mas...dilarang pakai hape ya anaknya marah, tidak dikasih hape yang nanti anaknya kuper" 

Curhatan sore dari seorang bapak muda di sebuah warkop. Bukan pemandangan aneh melihat manusia hari ini lebih konsentrasi melihat layar gawainya. Terlebih di warung kopi yang dipasang fasilitas WIFI beli es teh segelas duduk berdaring ria sampai berjam-jam. Bahkan ada yang mengajak anaknya. Sebuah fenomena warkop di era digital yang berbeda dengan masa ketika RRI/TVRI masih berkuasa. Segala informasi terpegang olehnya dan warung kopi berisi diskusi terusan dengan satu sumber. Sekarang? sumber melimpah ruah, entah bagaimana keabsahannya. Yang penting tampil tahu segala.

The Connected Parent by Palfrey and Gasser (2020)


Bagaimana menjadi orang tua milenial yang tidak terlalu membatasi anak untuk berkreasi? Buku ini layak di baca. Karena berisi hal penting petunjuk bagi orang tua yang baru untuk menjalani hyper-connected anak anak remaja hari ini menghabiskan sekitar sembilan jam per hari secara daring .Orang tua dari generasi ini ultra-connected berjuang dengan keputusan yang sama sekali baru untuk digunakan jika seorang anak kecil: diizinkan untuk menggunakan media sosial? Bagaimana bisa orang tua menolong anak anaknya mendapatkan sebagian besar dari yang terbaik aspek era digital ini? Bagaimana mungkin kita tidak anak anak aman dari bahaya digital? John palfrey dan urs gasser membawa bersama sama lebih dari satu dekade of research at harvard ' orang tua untuk mengatasi masalah yang paling penting .Menjadi orang tua yang komunikatif di era digital diperlukan membaca bagi siapa pun mencoba untuk membantu anak anak mereka berkembang pada jaman baru yang belum dipetakan wilayah era digital ini .

Buku ini memberi banyak pelajaran dan tuntunan pada kita bagaimana mengarahkan anak dan keluarga di era banjir bandang informasi. Dua penulis terbukti dengan sangat cekatan memberikan berbagai narasi, informasi dan argumen yang bisa memberikan sudut pandang berbeda dan aktual. John Palfrey adalah presiden  the John D. and Catherine T. MacArthur Foundation dan  direktur di the Berkman Klein Center for Internet and Society at Harvard University. Harvard gaes..tempat sekolah para cerdik cendekiawan. Termasuk penulis kedua  Urs Gasser yang menjadi direktur eksekutif di the Berkman Klein Center for Internet and Society. Beliau adalah seorang professor di Harvard University. 


Nyimak Dek

Mengenalkan gawai pada anak kita itu sah.  Terlebih pada masa pertumbuhan secara jasmani dan kognisi. Anak perlu dikenalkan dengan lingkungan sekitar bagaiman hidup, belajar da bertahan dalam dunia nyata dan dunia maya. Anak balita adalah penyerap informasi yang handal dan peniru yang super baku. Termasuk sesuatu yang berasal dari sumber daring. Tayangan internet seperti film dan multimedia dari Youtube dan game menjadi sumber referensi bagi balita milenial. Jangan sampai ada kasus seperti anak menyakiti temannya karena menirukan konten kekerasan dari tayangan di televisi atau internet. Buku ini dapat menjadi panduan bagi orang tua untuk mengenalkan cara aman menggunakan gawai. Gawai daring harus menjadi sesuatu yang mencerdaskan, aman, menyenangkan dan produktif. Tidak masalah anda berbagai gawai dan kuota dengan si kecil asal tidak menimbulkan ketergantungan dan enggan berkawan dengan sesama manusia. 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "The Connected Parent: Parenting Orang Tua Milenial "

Post a Comment