The Queen's Gambit: Main Catur adalah Candu

"Lha iyo ono kayu kok dipikir" 

Sekilas komentar awam sekaligus guyonan untuk orang yang menekuni olah raga catur. Bagaimana bisa sebuah kayu kok dipikir. Ada juga yang bilang kalau cabang olahraga ini anti cedera. Tanpa berlari tapi butuh pemikiran tinggi. Penghobi catur biasanya orang yang cerdas dan penuh strategi. Kalau kita pintar banget bisa dapat hadiah dua bungkus rokok ketika mengalahkan mas-mas penjaga lapak di tiga langkah mati. Tapi itu tidak mudah. Catur itu olahraga sekaligus olahpikir. Butuh pemikiran yang super cepat, cermat dan tepat. Seperti halnya anak ajaib yang dibesarkan semasa Perang Dingin bernama Beth dalam serial Netflix yang sedang naik daun berjudul The Queen's Gambit. 

Beth, Pil Ijo dan Dinding Kamar 

Sutradarai oleh Allan Scott, Scott Frank. Serial ini diperankan dengan sangat cemerlang oleh Anya Taylor-Joy yang berperan sebagai gadis cerdas jago bermain catur. Artis lain dalam serial  ini adalah  Bill Camp dan Chloe Pirrie. Serial yang cukup fenomenal ini berkisah tentang kehidupan seorang anak ajaib. Kecerdasannya sangat menonjol sejak masih kecil. Keluarganya bermasalah dan dibesarkan dalam lingkungan yang berbeda bahkan menjadi ahli catur yatim piatu bernama Beth Harmon yang hidup selama era Perang Dingin. Kisah ini mengikutinya dari usia delapan hingga 22, ketika ia berjuang dengan kecanduan dalam upaya untuk menjadi pemain catur terbesar di dunia. 

Pemudi Mabuk Berprestasi 

23 Oktober 2020 menjadi  hari diluncurkannya serial yang turut menyuburkan kesenangan baru pada olahraga mikir kayu ini. Puncaknya adalah kemenangan Beth atas Vasily Borgov –juara dunia dari Uni Soviet– melalui pertarungan sengit dengan menggunakan pembukaan Gambit Menteri. Dalam strategi yang dikenal sejak abad ke-15 ini, sebuah bidak di sisi menteri sengaja dikorbankan demi mendapatkan keuntungan strategis yang berujung pada kemenangan. Umumnya pemain catur seperti halnya saya selalu menjadikan menteri dan benteng sebagai pertahanan terakhir. Lain dengan strategi Beth dalam serial ini yang menjadi penggerak awal perang adalah area dekat menteri dan ratu yang diaktifkan. Seorang penulis esai budaya di rublik Halte Jawapos Minggu menulis tentang bagaimana hakekat bermain catur dan jika dikaitkan dengan aspek politik yang cenderung patriarkhi menjadi satu fenomena yang pelik. Dalam papan catur yang menjadi titik sentral adalah ratu. Ibu pertiwi harus dilindungi. Penentuan menang atau kalah terletak pada akhir dari ibu ratu. 


Semua berawal dari membersihkan penghapus 

Beth adalah gadis yang tidak biasa. Ibunya seorang pakar matematika murni yang karena masalah keluarga sampai membakar karya tulisnya ketika kuliah di kampus teknik ternama Amerika. Ayahnya pergi meninggalkan keluarga dengan wanita lain. Ibunya menjadi kalut hingga ketergantungan pada obat untuk mencegah depresinya. Hingga terjadi kecelakaan tragis yang mengakibatkan nyawa ibunya tak tertolong dan Beth masuk di panti asuhan. Kecintaan pada catur mulai muncul ketika Beth suka melaksanakan tugas membersihkan penghapus yang harus berpindah di ruang lain. Di ruang kecil dan gelap ini ada papan catur yang dijaga oleh Pak Penjaga gudang. Logika liar Beth bermain hingga setelah mengerti tata cara bermain catur akhirnya Beth kecanduan bermain catur. Obat hijau yang dibagikan di panti menjadi pendorong visualitas alam bawah sadar Beth untuk bermain catur secara imajiner. 

Otak Visual Tingkat Dewa 


Serial ini turut berkontribusi dalam kenaikan trend orang bermain catur. Termasuk saya sendiri mulai mengunduh kembali permainan aplikasi catur secara daring di Kindle Fire. Kadang ketika menyalahkan laptop iseng-iseng saya bermain catur di game bawaan windows 7. Petualangan Beth sebagai ratu catur yang berawal dari menaklukan permainan Bapak Penjaga Gudang. Kakak kelas SMA hingga para grandmaster dibuat bertekuk lutut oleh permainan unik dari gadis yang cantik ini. Mood dan kecerdasannya terbangun ketika mulai mabuk/Kepala Tidak Imbang (KTI). Itulah kenapa dalam cover serial digambarkan seorang Beth menatap tajam. Ada papan catur dan botol mimik jahat. Serial ini memberi makna bahwa tumbuh kembang anak perlu diimbangi dengan memfasilitasi minat anak. Pada dunia dan kesukaannya termasuk lingkungan sosialnya. Persahabatan dan keluarga menjadi titik tumpu utama dalam serial ini. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "The Queen's Gambit: Main Catur adalah Candu "

Post a Comment