Inovasi Milenial Bersih Indonesia Berseri

Bumi semakin tua, manusia semakin bertambah. Tentunya kepadatan populasi berpengaruh pada penyerapan dan konsumsi energi. Sumber Daya Alam serba terbatas. Bagaimana peran milenial untuk menanggapi ancaman krisis energi di masa depan. Bahan bakar fosil yang disinyalir membawa beragam polutan dan unsur berbahaya untuk kehidupan. Kemana para cendekiawan muda kita dalam menanggapi hal ini? Sekedar mencurahkan keprihatinan atau berkontribusi nyata untuk tanah air yang lebih bersih?. 

Listrik Alternatif (Roikan's Artwork 2019)


Semangat go green tidak hanya untuk wilayah kelingkungan namun pada trend pasar di era milenial. Kesempatan besar bagi anak negeri yang hidup dan tinggal di kawasan yang memiliki kekayaan alam nan potensial. Jangan sampai pola konsumsi yang salah dan pandangan tentang kelestarian alam hanya wacana semata menjadikan kita sebagai generasi muda pembawa sial. Jadilah generasi muda pembawa perubahan. Untuk itu perlu pemahaman menyeluruh tentang Green Jobs: Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih. 

Impian dan janji untuk kehidupan yang bersih, energi terbarukan dan cadangan melimpah untuk masa depan tanpa menyebabkan kerusakan alam. Berapa anak muda yang berangkat beraktivitas hari ini yang menggunakan angkutan massal? bahkan bersepeda menjadi bagian dari kesehariannya?. Perlu langka kolaboratif untuk mewujudkan semangat Green Jobs dalam partisipasi aktif masyarakat dengan berbagai sistem nilai lokal pada ranah pendidikan. Anak muda perlu menjadi pembaru. Bumi lestari harus menjadi pilihan jalan ninja.  Jalan menuju Indonesia yang produktif, inovatif dan kompetitif.

Nenek moyang kita sejak masa lampau memanfaatkan alam sekitar untuk segala pemenuhan aktivitasnya. Dari hal itu setidaknya kita bisa mengembangkan melalui penelitian, rintisan dan penerapan penyediaan energi dengan memaksimalkan potensi alam. Angin, sinar matahari, zat organik, panas bumi dengan kelimpahan gunung berapi di tanah air dan sungai besar yang senantiasa mengalirkan air dari hulu ke hilir. 

Kampus dengan mahasiswa kritis dan tenaga pendidik yang progresif perlu mengembangkan berbagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Perlombaan inovasi tidak sekadar mencari gengsi tapi penerapannya itu yang utama. Kincir angin untuk penyediaan listrik di area tepi pantai. Panel surya memanfaatkan sinar matahari yang melimpah. Biofuel dan produksi biopower dari komponen bumi tropis Indonesia. Geothermal sebagai alternatif energi yang selama ini kurang dikembangkan. Dan hydropower dengan memanfaatkan potensi perairan yang luas dengan hulu sungai yang berarus deras. 

Negara kita mempunyai potensi energi yang luar biasa. Matahari yang melimpah sepanjang tahun. Kita diuntungkan dengan wilayah geografis yang terletak pada cincin api, tenaga panas bumi adalah potensi. Sebagai negara kepulauan kita mempunyai samudera yang luas potensi energi samudera. Tentunya semua itu tidak mudah, karena butuh inovasi intensif dan dukungan dari semua pihak. Semoga hemat energi hemat biaya  bukan sekadar slogan semata. Peluang kerja di pertambangan memang menjadi idaman. Tapi kerja nyata di sektor berbasis penyedia energi alternatif harus jadi impian bersama. 

Kita semua tahu bahwa kendala utama dari penggunaan energi terbarukan adalah keterbatasan inovasi dan penerapan.  Muncul pula kemungkinan dan permasalahan dalam pemasaran energi yang dikenal sebagai energi hijau ini. Pengembangan dan penggunaan energi terbarukan sebagai bentuk keberlanjutan untuk kepentingan masa depan generasi penerus bangsa.

Sebenarnya banyak peluang pekerjaan untuk mewujudkan Indonesia bersih dan bumi lestari. Untuk para fresh graduate dapat memilih dan memilah pekerjaan berdasarkan minat dan kemampuan. Mencari pekerjaan di perusahaan yang ‘bersih’ dari pelanggaran pembuangan limbah sembarangan dan ekplorasi lingkungan yang tidak seimbang menjadi hal dasar dalam memilih tawaran. Bidang kerja komunikasi/fasilitator/penyuluh/pendamping komunitas, tenaga pemasaran dan pendukung bisnis seperti perencana keuangan, akuntan, pengembang sumber daya manusia, jasa hukum, analis data, teknologi informasi hingga sebagai copywriter. Itu semua pilihan. Jadi apa saja asal kita menjadi figur yang baik dan ramah lingkungan. Tidak nyampah sembarangan dan punya pilihan menggunakan energi alternatif yang didasari oleh kepekaan bahwa bumi semakin menua. Tidak hanya energi yang terbarukan, pola pikir kita juga terbarukan sampai anak cucu tentang pentingnya menjaga alam. Salam lestari.  Salam #KolaborAksi, #EnergiMuda!




Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Penulisan Blog 2021 dengan tema "Green Jobs: Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih" yang diselenggarakan Koaksi Indonesia. 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inovasi Milenial Bersih Indonesia Berseri "

Post a Comment