Maraton Ngartun: Tips Mengikuti Kontes Kartun Dunia

Gunakan waktu luangmu dengan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Itu petuah bijak tentang bagaimana kita bisa berkarya yang kelak bisa berkah dan migunani. Berhubung saya suka menggambar (hingga bisa bangga disebut sebagai kartunis) gambar kartun adalah produk saya. 

Tentang Perang dan Kolonialisme

Seiring dengan pandemi yang sempat menghentikan beragam aktivitas saya. Waktu luang yang ada saya pergunakan untuk merenung. Berkontemplasi bagaimana membuat karya yang siapa tahu menghasilkan. Order gambar sepi, kirim kartun ke media yang menyediakan rublik kartun juga sering tidak dimuat akhirnya mencoba menginternasionalkan diri dengan ikut meramaikan kontes kartun. 

Tentang Bunga

Setiap bulan pasti ada kontes kartun yang diselenggarakan beberapa negara dengan tema yang beragam. Iran, Syiria, Mesir, Kosovo, Serbia, Korea bahkan Indonesia sering menyelenggarakan lomba ngartun internasional. Pesertanya dari mana saja asal penghuni bumi. Tema yang dilombakan tidak melulu tema yang membuat kita berpikir keras seperti tema politik. Ada tema bunga, karikatur tokoh, tema tentang kompetisi, perubahan iklim, pembangunan, ikan, singa dan hal-hal yang kadang diluar pemikiran pencarian ide seorang kartunis. 

Tomas Morales (Sudah dapat sertifikat)

Dulu jaman awal-awal menekuni kartun saya sering dibuat adem panas ketika melihat brosur lomba kartun. Karya dikirimkan ke negara tujuan melalui pos. Tidak bisa membayangkan berapa rupiah yang harus dikeluarkan untuk sekali pengiriman. Belum lagi cara pengemasan karya. Jika masih ukuran A4 masih banyak amplop di toko sekitar. Lain jika panitia mensyaratkan ukuran A3, tentu kita perlu membuat amplop khusus. Ingat dalam jasa ekspedisi dimensi pengiriman mempengaruhi ongkos. Itu diluar berat paket yang kita kirim. 
Tentang Kompetisi 

Kini semua terbantu oleh kemudahan teknologi. Adanya internet menjadikan pengiriman kartun untuk berpartisipasi dalam kontes kartun lebih mudah dan murah. Asal ada paket data dan jaringan internet yang bagus. Itulah kenapa setiap kali melihat pengumuman kontes kartun yang jadi pusat perhatian saya adalah metode pengiriman. Kalau via email, langsung catat tema dan berapa maksimal karya yang bisa dikirimkan. 

Lolos satu tentang konspirasi bumi datar


Itulah sekilas tentang maraton ngartun saya dipertengahan bulan Agustus. Memanfaatkan waktu luang sekaligus melemaskan tangan dengan membuat karya melalui teknik gabungan: manual di awal dan digital di akhir. Minat ingin meramaikan dunia kontes kartun lintas negara, berikut tips dan triknya: 

1. Sering update info terkait kontes pada situs yang terpercaya. Saya biasa menggunakan irancartoon.com dan langsung mencari di menu contest. 
2. Catat tanggal deadline, tema, ukuran karya, berapa maksimal pengiriman dan syarat lain. Salah pengiriman karena masalah teknis bisa membuat usaha kita sia-sia. 
3. Kontemplasi ide dengan maksimal. Namanya juga lomba semua bersaing menyajikan karya yang terbaik. 
4. Buat karya dengan ide yang sesuai dengan tema yang disyaratkan tapi dalam visualisasi dan penyajian yang tidak biasa. Kontes kartun dunia kadang menghadirkan juara dengan gambar yang fantastis. Bukan hanya bagus di teknik tapi kecerdasan menyajikan humor yang tidak sekadar humor receh nan konvesional. 
5. Siapkan email khusus spesialis untuk rutin berpartisipasi lomba. Biar tidak tercampur dengan surel pemberitahuan belanja daring anda. 
6. Buat resume singkat sekeren dan update. Kadang ada persyaratan mengirimkan CV singkat yang meliputi identitas (nama, alamat, kode pos, email dan media sosial) beserta foto. Buat dua format satu dalam bahasa Inggris dan satu dalam bahasa Indonesia. Untuk sekadar jaga-jaga. 
7. Buat folder khusus di komputer/laptop anda untuk setiap mengirimkan karya. Tandai kapan karya dikirim dan pantau kabarnya. Jika belum beruntung bisa ditampung saja kita musti bersyukur dan belajar banyak hal. 
8. Perbanyak berkarya dan buat bank kartun yang menyimpan karya-karya dasyat anda untuk suatu hari diikutkan kontes kartun lainnya. Sebab ada kontes yang bersifat rutin dan tiap tahun ada secara turun temurun.  Itulah 8 tips ngartun untuk meramaikan dunia kontes kartun lintas negara. Tertarik? ayo segera menggambar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Maraton Ngartun: Tips Mengikuti Kontes Kartun Dunia "

Post a Comment