ASUS OLED Bukan Laptop Biasa: Sahabat Ilustrator dengan Layar Warna Ramah Di Mata

Kita bisa produktif berkarya
Hidup sehat, juga bahagia
Teknologi membuat semua lebih mudah.....

Sebuah lirik dari penyanyi yang sekaligus idola para pendaki gunung generasi milenial: Fiersa Besari. Hidup produktif dengan banyak karya menjadikan hidupa kita lebih nyata, bukan kehidupan fiktif. Ada hobi yang tidak hanya membawa kepuasan batin, tapi bisa menjadi hobi yang dibayar. Salah satunya adalah kesukaan menggambar. 

Sejak kecil saya suka menggambar, corat - coret apa saja hingga keterusan dan saat ini menjadi ilustrator lepas. Menunggu order dari klien dengan berbagai macam model gambar dan karakter. Ketika era serba terkomputerisasi telah tiba saya beradaptasi dengan perpaduan teknik. Manual dan digital. Sketsa saya buat secara manual dan proses eksekusi sampai jadi saya menggunakan teknik digital. Keuntungannya lebih hemat waktu, cepat dalam pengiriman dan pilihan warna yang beragam tanpa perlu tangan kotor. 
Laptop Idaman Ilustrator

Namun karena perangkat yang kurang mendukung. Pernah suatu hari saya mendapat komplain klien karena pewarnaan. Katanya pilihan warnanya kurang ciamik. Usut punya usut hal ini terjadi karena masalah layar di laptop jadul yang saya punya. Ketercemerlangan layar berpengaruh pada pemilihan warna yang cocok untuk sebuah karya. 

Layar tipe LCD kurang banyak membantu proses kreatif dari jiwa yang meletup-letup. Solusi pemilihan warna dalam teknik digital bergantung pada pancaran cahaya dan jenis layar. Kini banyak teknologi dikembangkan untuk membuat apa yang terlihat dari layar laptop serasa melihat langsung dari alam, nyata dan tidak silau. Laptop jadul ini -ada digambar- per awal Bulan Desember 2020 telah raib di embat maling dari kamar kos. Semoga dapat ganti laptop baru yang lebih canggih dan mendukung pekerjaan saya. 

Peralatan Tempur dengan LCD jadul 


Selamat Tinggal Layar LCD
Kini laptop OLED hadir untuk pemilihan warna terbaik.  ASUS OLED diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, sesuai dengan standar industri perfilman termasuk desain tentunya. Kecanggihan cahaya dari ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB. Kemampuan tersebut membuat ASUS OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik. Buat pelaku industri kreatif seperti ilustrator tentu laptop seperti ini menjadi senjata 'tempur' yang manjur. 

Akurasi warna adalah kunci untuk menghasilkan ilustrasi digital yang segar dipandang. Tingkat reproduksi warna yang tinggi akan percuma jika tidak dibarengi dengan tingkat akurasi warna yang tinggi pula. Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga setiap laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display. Jadi teknologi seperti ini sebagai langkah awal meninggalkan layar laptop LCD yang ketinggalan jaman. 

Detail Warna dan Visual Menarik 

Apa lagi keistimewaan layar OLED? Berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel backlight, ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED berukuran sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan secara sepenuhnya sehingga mampu menghasilkan warna hitam sempurna dan memiliki kontras warna yang sangat tinggi. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED hadir dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1 sehingga Anda dapat menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas.
Lihat Bedanya


Tidak  tanggung-tanggung secara lisensi. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Artinya, Anda juga dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan melalui laptop yang telah menggunakan teknologi layar ASUS OLED.

Tampilan Tetap Jernih Meski Pada Tingkat Kecerahan yang Rendah

Saat menurunkan tingkat kecerahan, tingkat akurasi warna pada layar seringkali akan menurun. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar laptop menggunakan 2D color gamut sebagai referensi. Berbeda dengan layar laptop pada umumnya, ASUS OLED menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. 3D color gamut menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya.

Berkat color volume yang lebih besar, laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghadirkan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED bahkan tetap mampu menampilkan warna dengan jelas, kaya, serta akurat pada tingkat kecerahan rendah dimana layar laptop pada umumnya hanya mampu mereproduksi warna sebesar 11%.

Mata manusia dikatakan memiliki “filter” khusus yang dapat menyaring berbagai spektrum berbahaya seperti beberapa sketrum sinar ultra-violet (UV). Meski demikian, tidak semua spektrum cahaya dapat disaring dan aman untuk mata dan salah satu spektrum paling berbahaya ada di sinar biru. Salah satu penyumbang terbesar paparan radiasi sinar biru di era modern saat ini adalah layar komputer, gadget, serta televisi, dimana spektrum warna biru sangat dibutuhkan untuk menghasilkan warna yang kaya dan akurat.

 
Riset Membuktikan

Diagram yang menggambarkan tingkat kerusakan pada sel retina mata di berbagai spektrum cahaya pada laporan penelitian “Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to Maintaining Ocular Health” oleh Essilor America pada tahun 2013. Meski demikian, laporan tersebut juga mengatakan bahwa tidak semua spektrum sinar biru memiliki efek rusak yang sama. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti dari Essilor Paris dan Paris Vision berhasil mengidentifikasi bahwa sinar biru dengan spektrum antara 415nm hingga 455nm adalah yang paling berbahaya untuk mata dengan spektrum 420nm hingga 430nm memiliki efek rusak paling tinggi. Salah satu solusi yang ditawarkan dari laporan penelitian tersebut adalah membuat mata hanya menerima spektrum sinar biru yang aman sehingga efek terhadap kesehatan mata dalam jangka waktu panjang dapat terhidarkan. 

"Kita bisa produktif berkarya
Hidup sehat, juga bahagia
Teknologi membuat semua lebih mudah
Raih tanganku dan percayalah
Hidup ini akan lebih indah
Tinggalkan saja segala resah, beralihlah
pada ASUS OLED
BUKAN LAGU LAPTOP BIASA
Ciptaan: Fiersa Besari

Menggambar dengan Tepat dan Sehat 
Teknologi membuat hidup kita mudah memang benar adanya. Layar ASUS OLED di VivoBook Ultra 15 OLED (K513) tdiak hanya sekadar mampu menampilkan visual dengan kualitas terbaik. Teknologi layar tersebut membuat VivoBook Ultra 15 OLED (K513) memiliki tingkat radiasi cahaya biru yang jauh lebih kecil dibandingkan layar laptop pada umumnya. 

Radiasi cahaya biru merupakan penyebab utama kelelahan dan kerusakan pada mata saat menggunakan laptop. Berkat ASUS OLED yang memiliki tingkat radiasi cahaya biru sangat rendah, Anda dapat bekerja lebih lama tanpa khawatir mata cepat rusak. Kegiatan menggambar pun tidak hanya menjadi lebih mudah dan menyenangkan, tetapi juga menyehatkan. Soal kinerja bukan masalah. Laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga.

Tunggu apa lagi, Jajaran Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED telah tersedia di Indonesia saat ini mulai dari lini ZenBook hingga VivoBook. Laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED juga tersedia untuk berbagai kalangan dengan banderol harga mulai dari Rp8.599.000. Informasi lengkap mengenai ASUS OLED dapat diakses melalui halaman web ASUS


Tulisan ini sebagai partisipasi dalam ASUS OLED Writing Competition



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ASUS OLED Bukan Laptop Biasa: Sahabat Ilustrator dengan Layar Warna Ramah Di Mata "

Post a Comment