Papu Studio untuk Jasa Ilustrasi plus Tulisan: Inilah Aset Kreatifku bersama KreatifHub

Menjadi pekerja lepas memang bisa lebih bebas. Freelancer istilah kerennya. Bebas dari tekanan dan rutinitas. Bisa dikerjakan kapan saja asal tidak melebihi batas deadline dan klien puas. Santai bukan berarti lalai. Itu kunci utama dari seorang freelancer. Bebas dan tidak terikat jam kerja, berbusana apapun bisa bukan berarti menjadi asal kerja. Justru karya terbaik dari freelancer berawal dari kerja serius walau orang lain kerap menyebut sebagai kerja santai. 


Saya merasakan bagaimana suka duka menjadi seorang ilustrator lepas. Tukang gambar yang melayani pembuatan ilustrasi, poster, karikatur sampai desain grafis lainnya. Fokus utama saya ada seni kartun yang termanifestasi pada kartun, komik, ilustrasi dan segala turunannya. Untuk logo masih belum sanggup karena masih awam dalam dunia pervektoran. Kalau untuk urusan tulisan, saya juga melayani pesanan penulisan (content writing) berbahasa Indonesia yang persuasif. Itulah berkah menjadi ilustrator sekaligus menjadi blogger. Ya menuliskan ya menggambarkan. Semua kreatifitas saya curahkan untuk menghadirkan konten yang menarik. Semua bergerak bersama. 

Bagaimana cara menggaet klien atau pemesan gambar? Paling efektif dan terbukti kerap mendatangkan order adalah dari mulut ke mulut. Iklan ala gethok tular dari orang-orang terdekat sampai kenalan. Era digital seperti saat  ini. Saya juga menggunakan media sosial. Melalui FB, IG dan Twitter untuk promo dengan memajang portofolio. Tidak lupa menulis di website pribadi (blog) tentang proses kreatif dari awal hingga akhir ketika mendapat orderan gambar. Atau sekadar memajang karya-karya terbaru sisa lomba ilustrasi atau kartun luar negeri yang kerap saya ikuti. 

Setiap karya yang kita buat pada dasarnya adalah aset kreatif yang layak untuk mendapat apresiasi lebih. Tidak hanya kekaguman dari orang yang melihat tapi mendatangkan pundi-pundi rupiah. Bahkan beberapa kawan ilustrator yang semula bekerja menggambar lepas, banting stir menyandarkan kehidupannya dari hasil menggambar. Itu berlaku untuk yang sudah paham pasar dan mempunyai jaringan yang menyebar. 

Lantas bagaimana dengan ilustrator kelas pemula seperti saya yang harus melaksakan rutininas lain sebagai karyawan. Pasar terbatas perkawanan dan jaringan masih belum terlalu luas. Kita tentu membutuhkan satu tempat penyedia jasa desain yang secara jejaring dapat diandalkan. Kini Solusi untuk yang merasa senasib seperti saya adalah menggunakan Anekatif. Apa itu Anekatif?

Anekatif adalah campaign KreatifHub untuk menimbulkan kesadaran pentingnya aset kreatif untuk mendorong pemasaran dan penjualan suatu bisnis. Aset kreatif seperti foto, video dan design sosial media bagi para pemilik usaha dan bahkan personal branding.  Ingat dari karyamu menjadi reputasimu. 
Perlu diketahui Aset Kreatif adalah konten seperti foto dan video yang dapat mendatangkan audiens atau calon pembeli karena kekuatan kontennya yang menarik. Pilihan jasa berdasarkan kategori. Konten yang bisa mengenalkan usahamu dengan baik dan mendatangkan banyak audiens akan menjadi aset. Karena ini pemilik usaha harus mulai sadar pentingnya aset kreatif untuk kelancaran strategi marketing mereka.

Apa Projecr Freelance Pertamamu? Ilustrasi Buku 

Melalui KreatifHub dapat  memberikan rekomendasi untuk menggunakan jasa freelancer. Layanan penyedia jasa untuk dibuatkan dan dibantu apapun yang berkaitan dengan aset kreatif. Melancarkan project atau jasa freelancer yang tepat dan mudah sesuai dengan kebutuhan kreatif. Dari fotografi, videografi, desain sampai kebutuhan perfilman. Semua ditujukan untuk mendorong penjualan/pemasaran. Ini tentunya kabar gembira bagi ilustator di seluruh tanah air. Tinggal menggambar santai dari rumah, sudah ada yang mengatur pemasaran dan perluasan jejaringnya. 

Sebagai platform yang menggerakan industri kreatif dan telah membantu ratusan UMKM dalam pembuatan konten dan aset kreatif, @kreatif.hub percaya bahwa aset kreatif adalah unsur penting yang dapat mendorong sebuah usaha untuk bersaing di era 4.0 ini. Kerja lebih muda. KreatifHub punya lebih dari 12,000 talent dari berbagai bidang di industri kreatif! Mulai dari model, fotografer, videografer, ilustrator, animator, kru film sampai penulis. Sejak tulisan ini dibuat, saya salah satu diantaranya. Semoga bisa berkembang dari sini, demi kemajuan industri kreatif tanah air.  




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Papu Studio untuk Jasa Ilustrasi plus Tulisan: Inilah Aset Kreatifku bersama KreatifHub"

Post a Comment