Nulis Buku itu Seru, Penerbit BRIN siap Menampung Karyamu

"Suka nulis tanpa mau berbagi itu pelit ilmu. Menerbitkan karya melalui penerbit BRIN (Dulu LIPI) melewati tahap yang sangat profesional. Proses berdarah-darah yang berakhir dengan berkah. Mari para penulis, terbitkan karya Anda bersama Penerbit BRIN, gratis malah dapat insentif" 
(IG: Penerbit_brin tertanggal 13 November 2021)
 
Dari Skripsi Jadi Buku 

Nulis itu bikin candu. Prosesnya sulit tapi sangat menyenangkan. Seakan tertakdir untuk menjadi kartunis yang neliti kartun. Sejak sarjana hingga pasca sarjana, kartun menjadi bagian penting dalam fokus riset saya. Buku bisa dari karya lama. Dengan dirombak total, sebuah skripsi karya lama 2006 silam menjadi sebuah buku. 

Kartun merupakan bagian dari seni yang merepresentasikan fenomena budaya. Dalam proses kreatif kartunis harus memiliki pemahaman dari kondisi sosial budaya masyarakat. Benny Rachmadi adalah kartunis yang memiliki pemahaman mendalam tentang masyarakat di sekitarnya sehingga beberapa orang menganggapnya sebagai "antropolog par excellent". Buku ini bertujuan untuk mengungkap makna kartun dalam “Seri Lagak Jakarta Edisi Transportasi” karya Benny Rachmadi yang telah digunakan untuk analisis permasalahan transportasi umum di kota-khususnya Jakarta-dan kaitannya dengan gaya hidup masyarakat metropolitan.

Buku 1: Gojek, Gojlok, Momong klik di sini 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi semiotik, yaitu mengungkap makna suatu fenomena budaya dalam sebuah kartun actual people - orang-orang yang memiliki hubungan dan sepenuhnya terpengaruh oleh teks. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi teks (kartun) dan observasi di lapangan (Jakarta), serta wawancara mendalam. Data dianalisis menggunakan  Semiologi Roland Barthes dan analisis taksonomi Casson. Poin utama dari buku ini adalah pertama, Benny Rachmadi membuat karyanya kartun dengan menekankan pada detail visual deskriptif untuk menjelaskan masalah transportasi angkutan umum di Jakarta. Kedua, angkutan umum bukan sekedar alat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga memiliki beberapa arti-arti media interaksi sosial, alat mencari uang, dan media aktualisasi diri. Ketiga, orang-orang metropolis memiliki perhatian yang tinggi terhadap waktu, seiring dengan mobilitas mereka yang tinggi; Sehingga masyarakat yang menggunakan angkutan umum menganggapnya lebih untuk fungsinya.

Proses Panjang 


Copyeditor : Risma Wahyu H. dan Heru Yulistiyan
Proofreader Sonny Heru Kusuma dan Martinus Helmiawan 
Layouter : Astuti Krisnawati dan Rahma Hilma Taslima
Cover designer : Meita Safitri
Registrasi : ISBN 978-602-496-291-3 (cetak); 978-602-496-273-9 (e-book)
Halaman : xxviii hlm. + 264 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)
©2021 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Cartoonal Fied Note

Buku 2: Transportasi dan Gaya Hidup klik di sini 

Secara umum ada serangkaian proses yang harus dilewati. Dari submision karya artinya memasukan naskah, kemudian direview secara internal. Jika ada beberapa tambahan dan masukan bisa diganti. Selanjutnya ini proses yang berdarah-darah dan bikin baper kalau tidak kuat mental. Namanya Review Eksternal. Tentu saja naskah buku kita dilihat oleh pakar luar yang kita tidak tahu siapa dia tapi masih satu rumpun. Jika melewati proses ini, ibarat masak sudah setengah matang. Proses berikutnya adalah copyediting dengan poles sana poles sini tanpa menghilangkan esensi dan semua airmata kita ditutup dengan proses production sebelum naik cetak termasuk pemilihan dan pemilahan sampul buku. 

Buat kawan-kawan yang punya naskah atau tertantang untuk menjadi seorang penulis buku bisa mencoba menerbitkan buku via Penerbit BRIN dengan beragam kelebihannya: 

1. Peluang mendunia karena bisa masuk di penerbitan Springer 
2. Desain dan tata letak buku yang modern 
3. 100 persen dijamin Gratis 
3. Karyamu bisa dibaca lebih banyak orang melalui akses terbuka tapi bukan via VPN loh 
4. Manajemen editorial yang profesional melalui telaah pakar (peer-review) untuk menjamin mutu terbitan ..proses berdarah-darahnya terletak di sini 
5. Proses penerbitan yang terintegrasi lewat sistem Open Monograph Press (OMP) 
6. Indeksasi dan sitasi meningkat 
7. Ada intensif yang diberikan kepada pemilik karya 

Tunggu apalagi, yuk kirim karyamu melalui penerbit BRIN. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nulis Buku itu Seru, Penerbit BRIN siap Menampung Karyamu "

Post a Comment