Review Situs Fortune Indonesia: Lengkap dan Minim Iklan

Kebutuhan akan informasi yang valid menjadi hal prioritas di era digital. Ponsel pintar menjadi bagian keseharian. Bangun tidur sampai berangkat memejamkan mata tidak lepas dari layar ponsel. Apakah anda juga seperti itu? Dunia maya memberikan banyak pilihan. Dari media sosial sampai hiburan. Agar tidak ketinggalan informasi isu ekonomi dan bisnis kita perlu sumber bacaan yang baik. Fortune Indonesia  adalah jawabannya. Sebuah portal berita berbasis jurnalisme bisnis dengan kualitas keren habis. 



 Fortune Indonesia 


Tulisan ini adalah review Website Fortune Indonesia dan Kategori Artikelnya. Saya melakukan beberapa tes pada kecepatan akses dan melihat reputasi global dengan Alexa. Fortune Indonesia unggul dalam penyajian. Sebagai portal berita berbasis informasi seputar ekonomi bisnis telah mempunyai standar akurasi. Infomasi yang berimbang dari sumber data yang dapat dipertanggungjawabkan. Sesuai dengan visi misi menjadi media yang baik dan transparansi sebagai sumber informasi bisnis yang terpercaya atau penyedia perspektif yang mendalam. 

Dengan jargon The Leading Multi-platform business media for leader and decision makers in Indonesia. Majalah Fortune Indonesia sangat representatif menjadi pilihan bacaan bagi siapapun yang ingin mendapat informasi dan wawasan terlebih bagi para pelaku bisnis. Untuk edisi daring ada Fortune Indoensia. Setelah saya amati reputasi di internet sudah terbilang mumpuni. Terlebih pengguna media sosial yang sedang digandrungi banyak masyarakat di negeri +62. Lihat saja berapa pengikut khususnya akun IG: @fortune.idn mencapai 142 k followers. Keren bukan?. Secara berkala di story IG diposting informasi terbaru yang singkat dan bikin penasaran untuk kepo lebih lanjut. Dari story IG lalu beranjak berkunjung ke website. 

Penampakan Website Fortune Indonesia 

Tes Navigasi dan Tampilan Template  
Situs Fortune Indonesia mempunyai kemasan yang sangat elegan. Simpel dan seimbang. Navigasi untuk memudahkan para pemula  akses yang lengkap, serta ketajaman informasi dan penulisan yang berbeda Menu utama yang disajikan terdiri dari MARKET, BUSINESS, FINANCE, NEWS, TECH, 
SHARIA, dan LUXURY. Tidak ketinggalan pada bagian atas terdapat mesin pencarian (search). Sangat lengkap untuk bekal wawasan kita agar tidak cupu dan ketinggalan informasi ketika nongkrong bersama kawan. Itulah keunggulan Fortune Indonesia dalam Ragam Menu yang berimbang. 

Bagian bawah situs telah memenuhi syarat utama dengan keberadaan About Us, Career, Privacy Policy, Cyber Guidelines, dan Contact Us. Termasuk logo yang terhubung ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan Linkedin. 

Landing page sudah keren dan responsif. Bersih tanpa iklan floating yang menyesatkan dan menyusahkan navigasi. Ada dua penampakan adsense yang saya lihat pada iklan sebelah atas dan kanan (vertikal) tapi tidak menghalangi dan mengganggu jarak panjang. Ini yang membuat nilai lebih terutama para pengguna ponsel yang cemas melihat paket data. AMP yang baik dan mobile friendly banget.  Khusus untuk template dan navigasi berhak mendapat nilai 10/10
Tes Akses dan Alexa 
Walaupun saya tidak mempunyai latar pendidikan teknik komputer atau informatika. Sejak menjadi blogger dari tahun 2009 karena terbiasa moderasi blog bahkan website, akhirnya bisa membedakan mana website yang keren dan yang termasuk golongan biasa. Untuk kecepatan akses saya menggunakan GTMetrix sebagai perangkat tes paling sederhana tapi detail. Berdasarkan teknis detektor kecepatan akses terindikasi masih dalam Grade D. Artinya masih ada beberapa bagian yang perlu dibenahi. Khusus untuk tes akses dan kecepatannya saya beri nilai 6/10. Perlu dioptimalkan lagi urusan submit sitemap dan url inspection agar kecepatan dan rangking GT Metrix dapat menyandang predikat A. 

Test via GT Metrix 

Khusus peringkat Alexa tergolong cukup. Dengan rangking 193,493 perlu dioptimalkan agar dapat mencapai rangking kisaran ribuan bukan ratusan ribu. Kolaborasi dengan IDN mampu mendongkrak peringkat karena berdasarkan pencarian kata kunci masuk dalam mesin pencarian dari kata kunci: fortuneidn, fortune idn, idn media dan fortune Indonesia idn. 


Analisis Alexa 









Khusus untuk Alexa Rank berhak mendapat nilai 7/10 

Fitur andalan ada pada menu: MARKET, BUSINESS dan FINANCE. Sesuai nafas dari Fortune Indonesia yang ingin menjadi 'gizi' bagi para pengusaha,  maka menu pemasaran, bisnis dan keuangan menjadi karbohidrat utama. 

Rujukan Nasional 
Keunggulan 
Berita ekonomi lengkap dan fokus dengan audience 100 persen orang Indonesia. Artinya Fortune Indonesia menjadi bacaan pokok alias rujukan nasional, terlebih pada format digital. Website menjadi alternatif pencarian informasi dan wawasan bagi para pengguna internet yang ingin tetap bisa mendapat pengetahuan tanpa kertas. Walaupun beberapa kalangan menganggap membaca pada majalah fisik mempunyai kenikmatan tersendiri. Rasa yang tak biasa ketika jari dengan menyentuh kertas plus suara gesekan antar kertas yang membuat kangen. Era digital menjadikan internet menjadi sesuatu yang tidak bisa lepas dalam berbagai aktivitas termasuk ingin menambah ilmu dam wacana khususnya dalam dunia bisnis. Pebisnis tanpa wacana ibarat nahkoda kapal yang kurang paham situasi laut yang diarungi. 


Kekurangan 
Selain pada kecepatan akses ada kekurangan pada situs Fortune Indonesia adalah kurangnya fitur-fitur ringan yang menghibur. Ilustrasi  termasuk gambar yang kartunal dan ikonik. 

Akhirnya ......

Semoga kedepan Fortune Indonesia mempunyai rublik khusus dalam bentuk kartun editorial atau komik strip 4 panel yang menjadi penambah antusias para pembaca khususnya para kawula muda. 

(Bismillah....ilustrator freelance Fortune Indonesia) 



Artikel ini turut berpartisipasi dalam Blog Review Competition: Fortune Indonesia












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Situs Fortune Indonesia: Lengkap dan Minim Iklan "

Post a Comment